Arti dan Makna setiap gambar di Lambang Kota Bogor

By Saifuddin Romli |

Arti dan Makna setiap gambar di Lambang Kota Bogor

Lambang Kota Bogor memiliki bentuk sebuah perisai yang didalamnya terdapat empat gambar utama dan teks bertulisan KOTA BOGOR. Sama seperti lambang kota-kota lain di Indonesia, yang memiliki filosofi dan makna tersendiri. Arti Lambang Kota Bogor merupakan gambaran dari lingkungan alam, sejarah dan juga pemerintahannya.

Hal tersebut dapat dilihat dari keempat gambar yang terdapat didalam lambang, yaitu burung garuda, istana, gunung dan kujang.

Setiap gambar tersebut memiliki makna dan arti tersendiri, yang menunjukkan ciri khas dari Kota Bogor. Apa saja arti dari keempat gambar tersebut? Berikut ini penjelasannya.

Arti Lambang Kota Bogor

1. Lambang Burung Garuda

Burung Garuda yang berwarna kuning emas pada bagian kiri atas, merupakan Lambang Negara Republik Indonesia. Gambar ini bermakna bahwa masyarakat dan pemerintah Kota Bogor berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945.

2. Lambang Istana Bogor

Pada bagian kanan atas, terdapat lukisan istana berwarna putih. Gambar ini menunjukkan bahwa di Kota Bogor terdapat Istana Bogor yang merupakan Istana Negara.

Bukan karena hal itu saja, melainkan juga karena Istana Bogor manjadi saksi sejarah yang panjang di masa kolonial.

3. Lambang Gunung Salak

Bagian kiri bawah, terdapat gambar gunung dengan empat buah puncak. Simbol gunung ini menjelaskan bahwa Kota Bogor tidak bisa dilepaskan dari Gunung Salak, karena letak geografis Kota Bogor yang dekat dengan Gunung Salak.

Gunung Salak dalam gambar juga memiliki arti, bahwa pernah berdiri sebuah kerajaan besar yang menguasai wilayah Nusantara sampai ke Semenanjung Malaka. Kerajaan tersebut bernama Salaka Negara.

4. Lambang Kujang

Lalu yang terakhir di kanan bawah, terdapat gambar kujang. Sama dengan lambang kota-kota lain di Jawa Barat, Kota Bogor juga memiliki simbol kujang. Kujang sendiri adalah senjata yang digunakan untuk berperang. Gambar Kujang disini memiliki arti bahwa Kota Bogor merupakan suatu pusaka dari Kerajaan Pajajaran, hal tersebut dilukiskan dengan bentuk Kujang. Dan juga kujang merupakan senjata pusaka dari Kerajaan Pajajaran. 

Apakah Anda sudah mengerti arti dari keempat gambar yang terdapat pada lambang? Ya, walaupun hanya sekadar gambar, pemilihan komponennya tidaklah asal-asalan yaa, harus sesuai dengan keadaan, kondisi, dan sejarah dari kota tersebut.

Terdapat banyak lambang kota mulai dari yang sangat simpel sampai juga yang rumit. Untuk Anda yang tinggal di Bogor dan sekitarnya, sudah semestinya Anda paham tentang makna lambang dari Kota Bogor.

Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman Anda yang sedang mencari arti dan makna lambang kota bogor

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Saifuddin Romli

Seorang Content Creator, yang juga hobi travelling dan kulineran.