Mudik Lebaran Tahun Ini, Lewat Tol Bocimi Bisa sampai ke Sukabumi Barat

Saifuddin Romli |

Mudik Lebaran Tahun Ini, Lewat Tol Bocimi Bisa sampai ke Sukabumi Barat

Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,7 kilometer akan dioperasikan secara fungsional pada masa mudik Lebaran 2024. Berita ini disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, pada Rabu (13/3/2024).

“Bocimi nanti sudah bisa sampai ke Sukabumi Barat tambahannya,” ucap Basuki.

Saat ini, beberapa bagian dari Jalan Tol Bocimi telah dioperasikan, yaitu Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer dan Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer. Dengan demikian, bagi masyarakat yang berasal dari Jakarta dan ingin mudik ke Sukabumi, mereka dapat menghemat waktu perjalanan dengan menggunakan jalan tol ini.

Baca Juga : Jembatan Satu Duit Direvitalisasi, Ternyata Sudah Ada dari Zaman Belanda

Pemerintah melalui Kementerian PUPR juga akan memberikan diskon tarif jalan tol pada masa mudik Lebaran 2024. “Insya Allah ada,” kata Basuki dengan singkat. Dia juga menegaskan bahwa jalan tol di Pulau Jawa masih menjadi favorit masyarakat untuk mudik.

Sementara itu, perusahaan milik Pontjo Sutowo, PT Indobuildco yang mengelola Hotel Sultan, menyatakan keterbukaannya untuk berbicara dengan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengenai konflik lahan Hotel Sultan.

“Karena ini kasus perdata dan sengketa hak, kami tetap terbuka untuk berdiskusi dengan pihak Setneg untuk mencari solusi terbaik,” kata Ketua Tim Kuasa Hukum Indobuildco, Hamdan Zoelva, saat dihubungi pada Rabu (13/3/2024).

Hal ini menyusul gugatan yang diajukan oleh Indobuildco kepada Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), yang saat ini dijabat oleh Bahlil Lahadalia, di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Sidang gugatan tersebut kembali berlangsung pada Rabu pagi.

Sumber : Kompas

Penulis Saifuddin Romli Seorang Content Creator, yang juga hobi travelling dan kulineran.