Sudah Rampung, Jembatan Otista Bogor Resmi Dibuka Besok

Saifuddin Romli |

Sudah Rampung, Jembatan Otista Bogor Resmi Dibuka Besok sumber rri.co.id

BOGOR, zonabogor.com – Terdapat kabar baik untuk warga Bogor! Jembatan Otista, yang sempat ditutup untuk pekerjaan perluasan jalur, akan kembali beroperasi pada Selasa, 19 Desember 2023. Meskipun sebelumnya dijadwalkan untuk dibuka hari ini, Senin, 18 Desember 2023, pembukaannya harus diundur selama satu hari.

Meskipun pengerjaan jembatan yang berdekatan dengan Tugu Kujang ini telah selesai dan siap digunakan, beberapa persiapan masih perlu dilakukan, termasuk pengecatan marka sebelum jembatan.

Menurut Bima Arya, ada beberapa faktor telah menyebabkan penundaan peresmian Jembatan Otista dari jadwal sebelumnya.

Dalam pernyataannya kepada wartawan pada Minggu (17/12/2023), Bima Arya menjelaskan, “Kita merencanakan segera mempersiapkan pembukaan. Ada pemikiran juga pembukaan yang sedianya dilakukan di hari Senin, mungkin akan kita geser sedikit.”

Dia menyebutkan bahwa penundaan ini dilakukan, antara lain, untuk memperpanjang periode sosialisasi kepada masyarakat. Selain itu, pertimbangan juga melibatkan antisipasi terhadap lalu lintas pada pagi hari Senin yang diperkirakan akan padat.

Pembukaan jembatan ini dilakukan setelah berhasil melewati uji beban kendaraan pada Kamis, 14 Desember 2023. Uji tersebut sukses, dan jembatan siap untuk digunakan oleh masyarakat umum.

Setelah dibuka, rencananya sistem satu arah di Kota Bogor akan diberlakukan kembali. Artinya, semua kendaraan akan diminta untuk memutari Kebon Raya Bogor setelah memasuki Kota Bogor.

Proyek perluasan jembatan Otista dimulai sejak awal 2023 untuk mengatasi kemacetan di Kota Bogor yang disebabkan oleh jalur yang sempit. Jembatan bersejarah ini, awalnya hanya memiliki dua jalur, kini telah diperlebar menjadi empat jalur. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kelancaran lalu lintas dan mengurangi kepadatan seperti sebelumnya.

Dapatkan update berita bogor terbaru setiap hari dari zonabogor.com. Jangan lupa untuk follow dan subscribe sosial media zona bogor ya.

Penulis Saifuddin Romli Seorang Content Creator, yang juga hobi travelling dan kulineran.