Festival Cap Go Meh 2024 di Bogor Ditiadakan

Saifuddin Romli |

Festival Cap Go Meh 2024 di Bogor Ditiadakan

BOGOR – Festival Cap Go Meh di Kota Bogor, atau yang dikenal dengan Bogor Street Festival (CGM – BSF), sangat disayangnya tidak bisa diselenggarakan pada tahun 2024 ini. Penyelenggaraan acara yang biasanya berlangsung di jalan Suryakencana Bogor harus dibatalkan karena bertepatan dengan minggu tenang pemilu 2024.

Ayung Kusuma, yang merupakan Pengurus Harian Vihara Dhanagun, menjelaskan bahwa Festival Cap Go Meh harus ditunda karena bersamaan dengan Jadwal Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Caleg).

Baca Juga : Sejarah & Latar Belakang Cap Go Meh di Bogor

Minggu tenang menjelang Pemilu jadi jangan ada kegiatan,” ucap Ayung di kutip dari kompas.com, Senin (5/2/2024). Ayung menyatakan bahwa telah menerima imbauan dari Pemerintah Kota Bogor terkait ditiadakannya Festival Cap Go Meh 2024. Dia menegaskan bahwa acara ini akan kembali digelar pada tahun 2025 setelah selesai agenda Pemilu 2024.

Dengan penundaan Festival Cap Go Meh tahun ini, maka keinginan warga Bogor untuk ikut serta dalam perayaan tahunan ini akan semakin meningkat. Sehingga, di tahun depan, festival ini akan menjadi lebih meriah.

Meskipun Cap Go Meh tidak diselenggarakan, Vihara Dhanangun sedang aktif menyiapkan segala sesuatu untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2024. Lampion-lampion berkelap-kelip telah dipasang sebagai bagian dari persiapan tersebut.

Di depan pintu masuk ruangan ibadah, tersusun dengan indah beberapa persembahan. Lilin-lilin menyala dengan gemilang selama 12 hari penuh selama perayaan Imlek. Kemeriahan perayaan semakin terasa saat lampion-lampion berwarna merah dan hiasan khas Imlek menghiasi sejumlah gang dan pertokoan di sepanjang Jalan Surya Kencana.

Sangat di sayangkan sekali ya, padahal festival ini sudah menjadi festival budaya tahunan yang di tunggu oleh seluruh warga Bogor, bahkan warga luar Bogor. Semoga ditahun depan festival ini dapat di adakan dan semakin ramai dan meriah .

Untuk Zoners yang penasaran atau rindu dengan keseruan Festival Cap Go Meh, yuk simak video liputan Festival Cap Go Meh tahun lalu yang seru dan meriah.

Penulis Saifuddin Romli Seorang Content Creator, yang juga hobi travelling dan kulineran.