7 Kuliner Legendaris di Jalan Surya Kencana Bogor

Saifuddin Romli |

7 Kuliner Legendaris di Jalan Surya Kencana Bogor

Surya Kencana Bogor menjadi spot kuliner legendaris yang sangat fenomenal. Bahkan berlibur ke Bogor rasanya kurang lengkap jika tidak singgah ke Surya Kencana. Namun, di antara banyaknya kuliner di tempat tersebut, setidaknya ada 7 spot yang harus kamu kunjungi. 

Mau makanan manis, asin, pedas, halal atau non halal semuanya ada di tempat ini. Tinggal pilih saja kuliner mana yang mau kamu coba. Bila perlu ajak serta teman-teman, pacar dan keluargamu untuk bersantap di tempat. 

Pilihan 7 Kuliner Legendaris di Surya Kencana Bogor 

Jika kamu merupakan pecinta kuliner dan kebetulan sedang berada di Bogor, maka jangan lupa mampir sejenak di Surya Kencana. Sebab, di tempat ini kamu bisa menemukan banyak spot kuliner yang pastinya enak dan bikin ketagihan. 

Lumpia Basah Gang Aut

Suka camilan? Kalau begitu jangan sampai melewatkan lumpia basah yang ada di Jalan Surya Kencana 307 ini. Namanya adalah Lumpia Basah Gang Aut. Tahukah kamu ternyata lumpia ini merupakan pelopor lumpia basah yang sudah sejak lama berjualan di Surya Kencana, tepatnya tahun 1972. 

Menariknya, lumpia basah yang dijual di Surya Kencana ini berbeda dengan lumpia basah yang dijual di Semarang. Tentu penggemar lumpia basah tahu bahwa makanan ini sangat identik dengan Kota Semarang. Lumpia basah dari Bogor ini menggunakan bahan dasar cacahan bengkuang. 

Kemudian, cacahan bengkuang tersebut dicampur dengan tahu, tauge, ebi giling dan telur. Penyajian lumpia basah khas Bogor juga tidak digulung maupun digoreng, melainkan hanya disajikan di atas adonan kulitnya saja. Membayangkannya saja sudah enak, bukan.

Harga camilan ini juga tidak akan menguras kantong kamu, kok. Sebab, lumpia ini biasa dijual dengan harga mulai dari Rp.15.000,00 saja. Ukurannya juga sudah cukup besar dan mengenyangkan.

Baca Juga : The Lake House Puncak Bogor – Menu dan Alamat

Soto Kuning Pak Yusup 

Siapa yang tidak suka dengan makanan berkuah dengan rempah yang begitu lezat ini? Tentunya saat mampir ke Sumber Kencana kamu jangan sampai melupakan santapan lezat ini. Saat kali pertama mencobanya, kamu pasti akan langsung suka.

Selain memiliki aroma soto rempah yang sangat menggugah selera, Soto Kuning Pak Yusup juga memiliki isian yang cukup komplit. Isian soto kuning ini diantaranya otak, empal, limpa, daging, paru, babat, lidah sapi hingga kikil. 

Biasanya masyarakat setempat menyantap kuliner Surya Kencana Bogor ini dengan emping renyah dan perkedel hangat. Jika ingin mencoba kelezatan soto kuning ini, kamu bisa singgah ke Gang Aut Jalan Surya Kencana Nomor 287. Harga per porsi soto kuning ini cukup terjangkau yaitu hanya Rp.40.000,00. 

Asinan Jagung Bakar Pak Subur 

Ke Bogor kurang lengkap rasanya jika tidak mencoba asinan. Salah satu asinan yang sangat direkomendasi untukmu adalah Asinan Jagung Bakar Pak Subur yang ada di Gang Aut Surya Kencana. Kamu harus tahu bahwa asinan ini menjadi salah satu asinan legendaris yang masih eksis sampai kini.

Kedai asinan jagung bakar ini sudah ada sejak tahun 1968. Asinan ini sangat lezat dan banyak diminati karena memang berbeda dari kebanyakan asinan lainnya. Jadi, asinan ini dibuat dengan serutan jagung serta potongan timun.

Kemudian, asinan ini disiram dengan kuah asinan yang berwarna oranye. Menariknya lagi, kamu bisa menikmati asinan jagung bakar ini dengan harga terjangkau. Harganya mulai dari Rp.12.000,00 hingga Rp.15.000,00 saja. 

Pepes Sagu Pisang Daniel 

Untuk kamu yang hanya ingin berburu camilan saja, maka pepes sagu ini juga boleh kamu coba. Jika biasanya pepes memiliki cita rasa gurih dan pedas, nyatanya pepes satu ini tidak demikian. Pepes Sagu Pisang Daniel mempunyai cita rasa manis. Kok bisa, ya?

Tentu saja karena bahan baku pepes ini adalah pisang. Sekali mencobanya kamu pasti akan langsung terkesan. Bahkan bisa bikin kamu ketagihan untuk terus mencobanya lagi dan lagi. Variasi pepesnya juga sangat beragam. Mulai dari jamur, oncom hingga cokelat. Bikin penasaran, bukan?

Kalau kamu sudah penasaran untuk icip-icip seperti apa cita rasa pepes disini, maka sebaiknya langsung mampir ke Jalan Surya Kencana 325-272 yang tidak jauh dari Gang Aut. Harganya mulai dari Rp.7000,00 hingga Rp.20.000,00 saja. Dijamin sangat aman untuk dompetmu. 

Nasi Goreng Guang Tjo 

Mendengar namanya saja sudah sangat berkualitas, apalagi ketika langsung singgah ke kedainya? Nasi Goreng Guang Tjo adalah nasi goreng yang berada di kawasan pecinan. Meskipun demikian, nasi goreng Surya Kencana Bogor ini dijamin halal, lho.

Kedai makanan lezat ini sudah ada sejak tahun 1960 dan masih laris manis sampai sekarang. Hal ini tidak terlepas dari kecintaan pelanggan yang tidak beranjak pergi setelah mengonsumsi nasi goreng di tempat ini. Cita rasa khasnya inilah yang membuat para pelanggan keranjingan.

Menu andalan Nasi Goreng Guang Tjo tidak lain adalah nasi goreng pete. Harga tiap menu di Nasi Goreng Guang Tjo cukup bervariasi. Setidaknya mulai dari Rp.19.000,00 hingga Rp.30.000,00 kamu sudah bisa menyantap nasi goreng yang ada di Jalan Surya Kencana 193 ini. 

Bir Kotjok Abah 

Ada begitu banyak jenis minuman yang bisa kamu cicipi di Surya Kencana. Salah satu jenis minuman yang wajib kamu coba dan merupakan minuman legendaris adalah Bir Kotjok Abah. Minuman tradisional ini sudah ada sejak tahun 1965 dan masih terus laris sampai sekarang.

Meskipun namanya bir, namun kamu tidak perlu khawatir. Sebab, minuman ini terbuat dari aneka rempah-rempah yang tidak memabukkan. Misalnya, kayu manis dan jahe. Cocok sekali untuk menghangatkan tubuh. Apalagi ketika kamu mampir ke Surya Kencana ketika sudah masuk waktu sore maupun malam hari. 

Lebih afdhol lagi jika kamu mampir di malam hari. Kamu akan benar-benar mampu merasakan nuansa Bogor yang asli. Harga per gelas bir kocok disini cukup terjangkau yakni Rp.5000,00 saja. Jika sudah ingin membeli, datanglah langsung ke Jalan Surya Kencana 291-299.

Baca Juga : Bakso Tulang Bogor, Makan Bakso All You Can Eat Bogor

Bakso Kikil Pak Jaka

Terakhir, Bakso Kikil Pak Jaka. Kamu bisa menjumpai kulineran berkuah ini di Jalan Surya Kencana 287. Meksipun tampak sederhana, nyatanya bakso kikil yang dijual dengan gerobak kecil beroda dua ini sudah ada sejak taun 1993. 

Kuliner ini menyajikan bakso halus dengan potongan kikil yang begitu menggugah selera. Apalagi dipadukan dengan kuah bening yang kaya rasa. Menariknya lagi, kamu bebas memilih mau kikil seperti apa. 

Cita rasa bakso kikil ini akan kian lengkap jika kamu padukan dengan irisan seledri, bawang goreng maupun saus sambal. Harganya juga sangat terjangkau yaitu hanya belasan ribu rupiah saja. Bagi pecinta bakso kamu wajib mencobanya.

Setidaknya ada tujuh macam kuliner legendaris di Surya Kencana Bogor yang wajib kamu coba. Kulineran ini akan melengkapi tour wisatamu di Bogor. Apalagi ketika kamu membawa pasukanmu kemari seperti keluarga, pasangan maupun teman-teman.

Penulis Saifuddin Romli Seorang Content Creator, yang juga hobi travelling dan kulineran.