9 Makanan Khas Bogor yang Terkenal dan wajib dicoba

3 min read

9 Makanan Khas Bogor yang Terkenal dan wajib dicoba-min

Ketika sedang berada di Bogor, rasanya sayang sekali jika tidak mencicipi beberapa makanan khasnya yang mungkin tidak bisa ditemukan di tempat lain. Beberapa makanan khas Bogor memang sulit untuk ditemukan di daerah lain sehingga perlu sekali rasanya untuk mencoba menu khas kota ini.

Apalagi Bogor sendiri merupakan kota yang terkenal dengan kulinernya yang enak. Biasanya banyak wisatawan yang bahkan jauh-jauh dari kota lain datang ke Bogor hanya demi mencicipi kulinernya yang enak. Jadi penasaran dengan kuliner apa saja yang bisa dicicipi di Bogor?

Makanan Khas Bogor Yang Recomended

Asinan Jagung Bakar

Menjadi buruan banyak wisatawan yang datang ke Bogor, asinan jagung bakar adalah makanan khas kota hujan yang sepertinya perlu Anda coba. Makanan satu ini memang kelihatannya sederhana jika dilihat dari penampilan luarnya.

Namun ketika dicoba, rasanya begitu menggoda dan cocok sekali untuk dimakan saat Bogor sedang gerimis atau hujan. Asinan jagung bakar sendiri kebanyakan dijual di dekat-dekat destinasi wisata Bogor. Bila umumnya jagung disajikan dengan cara dibakar, maka lain halnya nih dengan jagung satu ini.

Jagung disajikan dalam bentuk asinan dengan bumbu-bumbu rempah yang gurih dan lezat. Jagung yang sudah dibakar akan disir semua bijinya dan disajikan ke mangkuk berisikan kuah dengan topping kerupuk yang renyah.

Toge Goreng Bogor

Toge menjadi makanan yang disebut-sebut bisa meningkatkan kesuburan pria. Nah, kalau sedang berada di Bogor, ada baiknya sih jika mencoba menu olahan togenya yang khas. Ya, toge goreng Bogor menjadi makanan legendaris Bogor dan tetap diburu oleh wisatawan hingga hari ini.

Banyak yang menyukai makanan khas kota Bogor ini karena dimasam menggunakan berbagai macam bumbu yang khas. Kenikmatan satu porsi toge goreng Bogor memang tidak perlu diragukan lagi.

 Meski makanan ini sudah lama sekali ada, namun semenjak dicicipi oleh presiden Jokowi, toge goreng Bogor menjadi kembali populer. Jadi, jangan sampai deh makanan satu ini dilewatkan dari daftar makanan khas kota hujan yang wajib dicicipi.

Baca Juga : Cobain Mie ayam Sari Raos Tajur Bogor, Porsi Jumbo tapi Murah

Laksa Bogor

Kalau sering menyaksikan kompetisi memasak Masterchef yang terkenal itu, pasti tidak asing deh dengan makanan bernama Laksa Bogor yang sering disajikan ke hadapan juri.

Memang, laksa Bogor ini makanan yang juga terbilang legendaris, namun karena hype kembali, tidak heran jika kemudian banyak orang yang berdatangan ke Bogor hanya demi mencicipi rasa laksa Bogor yang khas. 

Bahan utama untuk menyajikan 1 mangkok Laksa Bogor sendiri adalah mie bihun dan oncom yang disiram dengan kuah kuning. Dijamin siapapun yang menyantap laksa Bogor ingin sekali makan lagi di kemudian hari.

Cungkring Bogor

Mungkin aneh rasanya mendengar nama makanan cungkring karena umumnya sih kata ‘cungkring’ ini merujuk pada orang dengan badan yang kurus. Namun, cungkring ini menjadi nama dari makanan khas Bogor, lho!

Jadi, cungkring sendiri adalah makanan dengan bahan utama potongan kikil sapi yang diolah dengan bumbu dan dimasak hingga menguning sampai terlihat seperti sate Padang yang berwarna kuning.

Baru deh makanan ini disajikan menggunakan bumbu kacang dan kecap. Satu porsi cungkring sangat pas sekali jika disantap dengan nasi yang masih hangat-hangatnya dan juga kerupuk.

Lapis Talas

Kue lapis rasa coklat mungkin sudah menjadi hal yang biasa di di daerah lain, namun bagaimana jika yang menjadi bahan utama lapis tersebut adalah ubi talas? Ya, lapis talas Bogor adalah makanan khas dari Bogor yang jangan sampai dilewatkan.

Kue lapis talas umumnya sering dijadikan sebagai oleh-oleh wisatawan karena bisa tahan sampai 1 minggu  tanpa pengawet. Selain itu harganya juga murah, tidak sampai Rp 50.000 per kotaknya. Nah, kue lapis talas sendiri mempunyai warna ungu yang mencolok.

Warna ini tentu saja dari pengolahan talasnya, apalagi aromanya juga sangat harum khas ubi. Jika umumnya ubi talas adalah makanan tradisional yang biasa saja, maka di Bogor, Anda bisa menemukan makanan dari talas yang dibuat lebih modern dan berkualitas.

Kacang Bogor Istana

Suka ngemil? Coba deh makan kacang Bogor Istana dengan cita rasanya yang khas. Ya, ada kacang, makanan khas Bogor yang diolah dengan bumbu lezat dan jenis kacang yang tentu berbeda dengan di daerah lain.

Cara mengolah kacang yang berbeda inilah yang membuat kacang Bogor Istana menjadi makanan andalan banyak wisatawan yang sedang bepergian ke kota hujan ini. Satu bungkus kacang Bogor Istana juga mudah sekali ditemukan di mana-mana, terutama pusat oleh-oleh, ya!

Makanan satu ini juga sering nih menjadi oleh-oleh dan diburu karena harga per bungkusnya yang murah. Kacang Bogor Istana sendiri memiliki beberapa variasi rasa yang enak dari keju, balado hingga barbeque.

Roti Unyil Bogor

Bisa dibilang sih roti unyil ini makanan khas kota Bogor terlucu yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Sesuai dengan namanya, tentu saja roti-roti khas Bogor ini memiliki ukuran yang mini atau unyil. Satu roti unyil bahkan bisa dilahap dalam sekali makan saking kecilnya.

Rasa roti unyil sendiri begitu manis dan lezat, cocok untuk dijadikan sarapan ketika pagi hari atau bahkan camilan. Roti unyil cocok sekali jika ingin dijadikan oleh-oleh,  ada banyak variasi rasa untuk dipilih seperti coklat, keju, stroberi dan sebagainya.

Kalau mau mencoba banyak rasa, beli saja satu kotak yang isinya ada banyak variasi rasa. Dijamin masalah rasa tidak akan mengecewakan.

Soto Mie Khas Bogor

Liburan ke Bogor belum lengkap deh kalau melewatkan kulinernya yang bernama Soto Mie. Nah, yang membuat soto dari Bogor ini khas adalah karena disajikan tidak dengan mie bihun, melainkan mie kuning.

Selain itu kuah yang disajikan juga kaya akan rempah dan rasanya begitu menggugah selerah. Selain mie kuning, isian dari dari soto mie juga ada bihun, irisan daging sapi, jeroan sapi dan ada juga irisan risol yang sudah digoreng kering.

Kuliner soto mie khas Bogor sendiri banyak ditemukan di Jalan Kencana Jaya dan beberapa sudut kota Bogor lainnya.

Ngo Hiang

Bagi yang asing dengan makanan Cina, mungkin tidak akan mengenal ngo hiang. Ya, ngo hiang ini adalah kuliner khas Tionghoa namun sudah banyak ditemukan di Bogor dan menjadi makanan khas kota ini.

Kalau di Cina, ngo hiang ini bahan dasarnya adalah babi yang dibungkus dengan kulit lalu digoreng. Namun, karena diadaptasi di Indonesia yang kebanyakan penduduknya muslim, maka isiannya diubah deh dengan ayam meski ada juga ngo hiang dengan isian babi di Bogor.

Satu piring ngo hiang akan disajikan dengan saos dan acar lobak. Makanan satu ini sangat cocok dinikmati ketika cuaca Bogor sedang dingin.

Bagi yang berencana untuk liburan ke Bogor, jangan lewatkan untuk mencicipi beberapa kuliner khasnya yang lezat. 9 makanan khas Bogor di atas bisa menjadi alternatif yang tepat untuk hunting kuliner di kota hujan.