Ribuan Warga Padati Bogor Street Festival Cap Go Meh Bogor 2023

Saifuddin Romli |

Ribuan Warga Padati Bogor Street Festival Cap Go Meh Bogor 2023

Perayaan Bogor Street Festival Cap Go Meh Bogor 2023, berhasil menarik ratusan ribu masyarakat. Festival Cap Go Meh Bogor akan menghadirkan berbagai pertunjukan kesenian dan budaya yang dapat menghibur pengunjung. Ada pertunjukan wajib seperti Barongsai dan Liong yang akan ditampilkan. Namun, tidak hanya itu saja, acara ini juga akan memperlihatkan beragam seni budaya dari Nusantara, seperti Ondel-ondel Betawi, Reog Ponorogo, Angklung Banyumasan, Menong Purwakarta, dan lain-lain.

Bogor Street Festival – Cap Go Meh Bogor 2023

Bogor Street Festival Cap Go Meh 2023 mengangkat tema “Unity in Diversity”. Tema ini dipilih karena festival Cap Go Meh di Kota Bogor tidak hanya menunjukkan hal-hal yang khas dari perayaan Cap Go Meh, tetapi juga sudah menjadi ajang pertunjukan budaya.

Ketua Panitia, Arifin Himawan, mengatakan bahwa kegiatan Bogor Street Festival Cap Go Meh akan menyatukan keberagaman suku, agama, dan budaya masyarakat. Ia menekankan bahwa acara ini, yang sudah diadakan sejak tahun 2000, bukanlah kegiatan agama, melainkan pesta kebersamaan masyarakat dalam keragaman. Dalam acara ini juga akan diadakan doa bersama oleh para pemuka agama dari berbagai agama.

Berbagai persiapan sudah dilakukan, termasuk kurasi peserta yang akan tampil dalam acara pesta rakyat BSF CGM 2023, yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor.

Bogor Street Festival Cap Go Meh 2023 berlangsung sepanjang Jalan Surya Kencana hingga Jalan Siliwangi, Bogor, dimulai pada 16.00 WIB dan akan berakhir pada 00.00 WIB. Demi keamanan, sebanyak 1.000 petugas TNI-Polri mengamankan acara dan menutup akses jalan sepanjang 2,1 kilometer.

Festival Jalanan BSF Cap Go Meh 2023 Berhasil Menarik Antusiasme Warga Bogor dan sekitarnya seperti Jadebotabek. Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto, mengklaim bahwa lebih dari 50 ribu warga hadir untuk menyaksikan pawai di ruas Jalan Surya Kencana. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memberikan apresiasi pada festival ini sebagai yang terbaik di Jawa Barat. BSF Cap Go Meh 2023 dapat menjadi pemersatu bagi berbagai budaya di Indonesia karena menyajikan kesenian dari seluruh Nusantara.

Penulis Saifuddin Romli Seorang Content Creator, yang juga hobi travelling dan kulineran.