10 Tempat Ngabuburit di Bogor, Yang Seru & Wajib Kamu Coba

Saifuddin Romli |

10 Tempat Ngabuburit di Bogor, Yang Seru & Wajib Kamu Coba

Di saat bulan Ramadhan, Bogor menjadi salah satu destinasi yang paling menyenangkan untuk dikunjungi, karena memiliki banyak Tempat Ngabuburit di Bogor. Udara sejuk di kota hujan ini membuat kita tidak merasa terlalu dahaga selama berpuasa. Selagi menunggu waktu berbuka, kita dapat mengisi waktu dengan kegiatan positif seperti ngabuburit di beberapa fasilitas umum yang tersedia di Bogor.

Tidak perlu khawatir merasa bosan atau tidak memiliki kegiatan selama menunggu waktu berbuka. Pasalnya, Bogor memiliki beberapa tempat ngabuburit yang menarik untuk dikunjungi. Pada artikel kali ini Zona Bogor akan memberikan 10 rekomendasi tempat ngabuburit di Bogor yang bisa zoners coba.

Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Bogor

Alun-alun Kota Bogor

Tempat ngabuburit di Bogor yang baru dekat Stasiun Bogor adalah Alun-alun Kota Bogor. Sebelumnya, lokasi ini dikenal dengan nama Taman Topi. Setelah direnovasi secara menyeluruh, area ini menjadi lebih luas dengan berbagai fasilitas menarik seperti trek lari, taman bermain outdoor, dan taman.

Kamu dapat duduk-duduk di sini sambil berswafoto dengan background yang estetis, seperti Gedung 1881 yang merupakan bagian dari Stasiun Bogor dan telah terintegrasi dengan Alun-alun Bogor.

Tidak jauh-jauh dari Alun-alun Bogor menuju Jembatan Merah, zoners bisa menemukan banyak penjual makanan dan takjil untuk berbuka puasa.

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata Alam Bogor, Cocok Untuk Liburan

Taman Kencana

Tempat ngabuburit di Bogor yang satu ini bernama Taman Kencana. Seperti namanya, tempat ini hanya berupa taman dan area terbuka hijau untuk nongkrong. Terdapat banyak sekali kuliner dijual di sekitar Taman Kencana yang bisa menjadi pilihan untuk berbuka puasa.

Kamu dapat berjalan kaki dari Taman Kencana ke kafe, restoran, atau warung terdekat. Contohnya, Dimitree Cafe, Macaroni Panggang, dan Waroeng Taman. Taman Kencana biasanya ramai hingga malam, terutama saat akhir pekan.

Taman Sempur

Taman Sempur, meskipun lebih dikenal sebagai lapangan untuk olahraga pagi, tidak ketinggalan dalam menjadi pilihan untuk ngabuburit bagi warga Bogor dan pendatang. Hal ini dikarenakan Taman Sempur dikelilingi oleh pohon-pohon besar yang rindang dan sangat cocok untuk menunggu waktu berbuka.

Banyak pedagang kaki lima di sekitar Taman Sempur menjadikannya sebagai tempat ngabuburit yang populer di Bogor. Kamu bisa menikmati makanan murah meriah namun tetap mengenyangkan saat berbuka puasa di sini.

Jalan Bangbarung Raya

Salah satu pasar takjil yang selalu ramai dikunjungi oleh warga Kota Bogor adalah Pasar Takjil Bangbarung yang terletak di Jalan Bangbarung. Pasar ini menjadi tempat para pedagang menawarkan aneka ragam makanan untuk dinikmati saat berbuka.

Terdapat berbagai jenis makanan ringan, seperti es segar, gorengan, mie glosor, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga dapat membeli makanan berat seperti bakso di Pasar Takjil Bangbarung dengan harga yang terjangkau. Pasar Takjil Bangbarung buka setiap hari mulai pukul 15.00 WIB selama bulan Ramadhan. Ayo, buruan ke sini untuk berburu takjil!

Masjid Raya Bogor

Jika Anda ingin ngabuburit dengan nuansa keagamaan yang lebih terasa, Anda bisa langsung berkunjung ke Masjid Raya Bogor. Masjid ini menjadi landmark Kota Bogor karena keindahan desain eksterior dan interior yang elegan dan mewah. Masjid ini memiliki satu kubah besar di tengah yang dikelilingi oleh dua kubah kecil, serta menara yang berdiri terpisah dari bangunan utama masjid. Di antara menara dan bangunan utama, ada sebuah teras yang luas yang sering menjadi tempat ngabuburit favorit di Bogor, di mana Anda bisa menikmati keindahan Masjid Raya Bogor dan mengabadikannya.

Istana Bogor

Ternyata, Istana Bogor bisa menjadi tempat ngabuburit yang menarik! Namun, bukan di dalam istana, melainkan di luar pagar halaman utama Istana Bogor. Halaman utama istana ini dihuni oleh ratusan rusa totol yang berasal dari Nepal, dan keberadaan mereka menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung yang ingin ngabuburit di sana. Saat menunggu waktu azan magrib, Anda bisa membeli wortel dari penjual di sekitar istana dan memberikannya kepada para rusa. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ini tanpa mengganggu para rusa tersebut.

Kebun Raya Bogor

Meskipun tidak bisa berbuka puasa di dalamnya karena tutup pukul 17.00 WIB, Kebun Raya Bogor bisa menjadi pilihan untuk membunuh waktu sebelum azan magrib berkumandang. Kebun raya ini memiliki area yang sangat luas dan udaranya yang sejuk dapat membuat tubuh Anda merasa segar. Jika Anda tidak ingin lelah berjalan kaki mengitari kebun raya dan tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menyewa sepeda di sana dengan tarif mulai dari Rp25 ribu per jam.

Baca Juga : 9 Wisata Edukasi di Bogor, Cocok Untuk Tempat Study Tour

Jalan Surya Kencana

Para penggemar kuliner pasti mengenal Jalan Surya Kencana. Selain karena lokasinya yang sangat dekat dengan Kebun Raya Bogor, jalan ini juga terkenal dengan berbagai macam penjual makanan yang membuka lapak di sana. Makanan dijual di kedai permanen, namun ada juga yang dijual di tenda atau gerobak. Jika Anda ingin mencari soto mi legendaris, soto kuning, atau toge goreng, Jalan Surya Kencana adalah tempat yang tepat untuk ngabuburit.

Ruko Taman Yasmin

Ruko Taman Yasmin adalah salah satu pusat kuliner yang wajib dikunjungi untuk ngabuburit di Kota Bogor. Deretan tenda kuliner tersusun rapi, bahkan ada yang menjual makanan dari dalam mobil pribadi, sehingga aroma semerbak makanan langsung tercium ketika Anda tiba di sana.

Anda bisa menemukan berbagai jenis makanan di depan Ruko Taman Yasmin, mulai dari nasi kebuli, aneka bakaran, seafood, hingga makanan khas Sunda dan Betawi. Selama Ramadan, Anda bisa memilih berbagai macam takjil enak di sini. Pasti membuat Anda lapar dan ingin mencoba semuanya.

Menemukan lokasi menarik untuk menunggu beduk magrib di Bogor memang tidak sulit, bukan? Sudah ada gambaran dari beberapa tempat ngabuburit di Bogor tersebut, mau ngabuburit ke mana nih?

Penulis Saifuddin Romli Seorang Content Creator, yang juga hobi travelling dan kulineran.