10 Destinasi Wisata Alam Bogor, Cocok Untuk Liburan

4 min read

10 Destinasi Wisata Alam Bogor, Cocok Untuk Liburan-min

Destinasi Wisata alam Bogor jumlahnya sangat banyak mengingat besarnya potensi keindahan alam di daerah pegunungan Bogor. Bahkan keindahan alam di luar tempat wisata sudah cukup indah dan segar buat mereka yang terbiasa dengan suasana kota yang padat. 

Meski begitu, belum lengkap rasanya kalau gak mampir langsung ke salah satu tempat wisata alam yang ada di daerah ini. 

Rekomendasi Tempat Wisata Alam Bogor

Wisata alam di Bogor sangat mudah dijumpai karena keindahan alamnya yang belum banyak mengalami perubahan. Buat kamu yang tertarik berwisata ke Bogor, pastikan untuk mengunjungi salah satu dari beberapa wisata alam yang sangat terkenal berikut ini. 

Panorama Pabangbon

Nuansa alam yang sejuk dan asri sangat terasa saat pertama menapakkan kaki menuju wisata yang satu ini. Di sekelilingnya banyak bukit hijau yang berkabut dingin jika pagi hari. Untuk menikmati keindahan pemandangannya dengan nyaman, sudah ada banyak tempat duduk santai di sekitar area.

Banyaknya pohon pinus yang jaraknya berdekatan dimanfaatkan pengelola wisata dengan meletakkan hammock untuk pengunjung bersantai.

Di balik keindahan alamnya, ada banyak spot foto menarik yang melengkapi keindahan Panorama Pangbong. Inilah yang menyebabkan tempat ini menjadi wisata alam yang paling cukup viral di media sosial.

Beberapa area bersantai sekaligus spot foto di sini adalah sarang  burung, perahu kayu, jembatan cinta, tangan raksasa, rumah pohon, balon udara, bulan sabit, dan gardu pandang. Ada juga tulisan love papa yang juga banyak dijadikan area foto.

Untuk menikmati wisata alam ini hanya dikenakan tiket masuk Rp15.000,00 per orang. Dengan parkir motor Rp5.000,00 dan parkir mobil Rp10.000,00.

Air Terjun Bidadari

Air terjun memang menjadi wisata favorit di daerah dataran tinggi. Sebagai salah satu wisata alam di Bogor, Air Terjun Bidadari ini memiliki ciri khas dari adanya kolam yang dibatasi dengan batu besar di sekelilingnya. Sementara bagian bawahnya juga tersedia kolam khusus yang dikelola untuk anak-anak.

Untuk kesegaran airnya tidak perlu diragukan lagi, karena langsung keluar dari mata air pegunungan yang alami. Wisata alam ini cocok dijadikan tujuan bagi wisatawan yang ingin berlibur bersama keluarga. 

Air terjun ini beralamat di Jalan Sentul paradise Park, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. 

Baca Juga : Tempat Wisata di Bogor Terbaru dan Populer

Wisata Alam Gunung Pancar

Berburu objek wisata alam Bogor memang kurang lengkap kala belum mampir ke Gunung Pancar yang sedang hits di Instagram. Wisata ini menjadi favorit anak muda yang suka banget bertualang dan berkemah.

Sama seperti pegunungan pada umumnya, lokasi wisata ini didominasi oleh pohon pinus yang masih rindang. Untuk menikmati pemandangan di sini, pastikan untuk membawa jaket dan baju hangat karena ketinggian lokasinya mencapai 800 Mdpl.

Selain dimanfaatkan untuk bersantai dan berkemah, beberapa wisatawan juga ada yang sengaja menjadikan tempat ini untuk foto prewedding. Pasalnya deretan pohon pinus yang rapi menambah romantis suasana di pegunungan ini. 

Bagi yang gak tahan dengan udara dingin, bisa mampir ke pemandian air panas yang lokasinya gak jauh dari wisata ini.

Curug Cigamea

Penggemar air terjun pasti sudah gak asing dengan curug yang satu ini. Keindahannya terletak pada tingginya air terjun yang mencapai 50 meter. Tidak heran kalau alirannya bisa meluas hingga membelah berbagai bebatuan dan tebing di bawahnya.

Dengan airnya yang deras, bukan hal aneh apabila kedalaman air di bawahnya juga cukup tinggi. Inilah yang membuat bias warna kolam air menjadi biru, bukan coklat atau putih. 

Warna air yang indah didukung dengan  pemandangan air terjun yang sangat tinggi inilah yang menjadi daya tarik Curug Cigamea Bogor. Letaknya ada di Desa Gunung Sari yang masuk Kecamatan Pamijahan-Bogor.

Danau Lido

Di dataran tinggi tentu gak hanya ada curug saja. Di sini juga ada danau yang cukup terkenal, yaitu Danau Lido. Sama seperti wisata danau lainnya, Dana Lido juga menyediakan wahana wisata berupa perahu, speedboat, dan sepeda air. 

Perbedaan yang mencolok dan menjadi daya tarik tersendiri dari danau ini adalah kesejukan lokasinya yang sangat menenangkan. Belum lagi pemandangan danau yang cukup indah dan bisa dijadikan area berfoto. 

Bagi yang penasaran, bisa langsung datang ke lokasi yang ada di Jalan Danau Lido Wates Jaya, Kecamatan Cigombong. 

Curug 7 Cilembar

Dari sekian banyak wisata alam Bogor yang berupa air terjun, Curug 7 Cilembar memiliki aliran yang paling banyak. Sesuai namanya, ada 7 aliran air yang terjun secara bersamaan dan menghasilkan suara gemericik air yang berisik.

Selain bisa mandi di bawah air terjun, pengunjung juga bisa menghilangkan bosan dengan mampir ke penangkaran kupu-kupu yang ada di sekitarnya. Kupu-kupu beragam model dan warna bisa sangat menghibur pengunjung yang datang. 

Curug Leuwi Hejo

Sekilas Curug Bengkok Leuwi Heju terlihat biasa saja dari jauh. Apalagi ukurannya yang sangat kecil dibandingkan air terjun lain yang ada di sekitarnya. Meski begitu, curug ini juga memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi daya tariknya.

Salah satunya pada airnya yang berwarna hijau tosca. Dengan didukung keindahan alam di sekitar lokasi, wisata Curug Leuwi Hejo menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan akhir pekan sambil mengambil banyak foto menarik sebagai kenangan.   

Telaga Warna

Gak hanya danau dan curug, wisata alam telaga juga ada di Bogor. Uniknya telaga ini juga termasuk telaga warna seperti yang ada di Dieng Wonosobo.

Buat kamu yang gak sempat ke telaga warna Dieng, bisa menjadikan telaga warna Bogor sebagai alternatifnya. Sama dengan telaga warna pada umumnya, air telaga ini juga bisa mengeluarkan 3 warna yang berubah-ubah, seperti cokelat, biru, dan kuning.

Telaga ini juga sudah dilengkapi dengan wahana outbound seperti flying fox. Jadi keindahannya tidak hanya bisa dinikmati sambil duduk, tapi juga menguji adrenalin dengan wahana outbound tersebut. Lokasi Telaga Warna Bogor ada di Puncak RD Km 90, Kecamatan Desa Utara, Bogor.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata Sentul Bogor

Taman Safari Bogor

Buat traveler yang suka banget mengunjungi wisata alam Bogor sambil belajar, Taman Safari Bogor pastinya jadi tujuan yang tepat. Sebagai salah satu wisata yang terkenal, Taman Safari menyajikan pemandangan alam yang alami dan dilengkapi hewan-hewan langka di dalamnya.

Hingga saat ini, terhitung sudah ada sekitar 2500 spesies hewan di dalam taman. Jadi keluarga yang ingin berlibur sambil memberikan edukasi pada anak-anak, bisa langsung mampir ke sini.  Salah satu tempat favorit pengunjung yang membawa anak biasanya adalah Baby Zoo. 

Di dalamnya banyak hewan yang masih kecil dan lucu untuk menghibur keluarga sambil menikmati kesegaran alam di dataran tinggi Bogor. 

Kebun Durian Warso Farm

Jangan ngaku penggemar durian kalau kamu belum mampir ke Warso Farm. Di sini tersedia banyak sekali pohon durian yang akan berbuah ketika sedang musim. Wisata durian ini dibangun di atas lahan seluas 8,5 hektar, jadi ada banyak pohon yang bisa ditanami di dalamnya. 

Sambil berkeliling, pengunjung akan disajikan ratusan pohon durian dari berbagai varietas. Tentu saja wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai hidangan yang diolah dari buah durian dan diperjualbelikan. Saat musim panen, pengunjung juga bisa ikut memetik langsung buah durian yang dipanen. 

Liburan ke tempat wisata alam Bogor memang tidak cukup dilakukan dalam sehari, mengingat beragam wisata yang disediakan sangat menarik dan terjangkau. Oleh karenanya, pastikan untuk membawa perbekalan yang cukup. Bila perlu persiapkan tempat menginap yang nyaman agar bisa berlibur sepuasnya.  

Tanggapan:

/ 5. Total Tanggapan

Beri Tanggapan Anda