Apa Perbedaan UMK, UMR, dan UMP? Yuk Cari Tahu

By Saifuddin Romli |

Apa Perbedaan UMK, UMR, dan UMP Yuk Cari Tahu

Apakah kamu masih bingung perbedaan UMK dan UMR? Hal ini memang terkadang membingungkan karena dilihat sekilas, antara keduanya terlihat sangat mirip. Selain itu, keduanya juga terkait dengan jumlah upah pekerja di suatu daerah. Namun, ternyata ketika dipelajari lebih dalam, ada perbedaan yang signifikan di dalamnya. Lantas apa perbedaan antara UMR, UMK, dan UMP? Nah, bagi kamu yang masih bingung tentang perbedaannya, yuk simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini.

Perbedaan UMP, UMK dan UMR

UMR (Upah Minimum Regional)

UMR adalah upah minimum regional. Perbedaan antara UMK dan UMR dapat dilihat dari aturan atau undang -undang yang ditetapkan. Jika UMK diatur oleh Gubernur, maka UMR diatur oleh Kementerian Tenaga Kerja. Lebih tepatnya, Permenaker Nomor 226 tahun 2000. Tetapi sejak tahun 2000, UMR telah dihapus dan diubah menjadi UMP atau UMK. Jika tingkat distrik/kota menjadi UMK dan jika tingkat provinsi menjadi UMP.

Baca Juga : UMR Bogor 2022 Naik? Inilah Upah Minimum Kerja Daerah Jabodetabek 

UMK (Upah Minimum Kota)

UMK adalah upah minimum distrik/kota. Dapat ditafsirkan bahwa UMK adalah batas upah minimum setiap bulan yang digunakan sebagai referensi di distrik/kota. Terdiri dari tunjangan permanen dan upah dasar. UMK ditentukan oleh peraturan presiden nomor 78 tahun 2015 dengan pertimbangan yang memperhatikan inflasi atau pertumbuhan ekonomi di distrik/kota. Biasanya, UMK ditentukan oleh Gubernur pada 30 November per tahun dan akan diadakan pada 1 Januari di tahun berikutnya.

UMP (Upah Minimum Provinsi)

UMP adalah upah minimum provinsi, yang merupakan batas upah minimum yang ditetapkan di provinsi dan akan berlaku di setiap distrik/kota yang dicakup. Menurut Menteri Peraturan Tenaga Kerja nomor 3 Pasal 1 terkait dengan upah minimum, jumlah UMP ditentukan sesuai dengan standar masing-masing distrik/kota, karena kondisi ekonomi di kota akan bervariasi. UMP biasanya akan disetujui oleh Gubernur pada 21 November dan akan mulai diterapkan pada 1 Januari di tahun berikutnya.

Apakah kamu sudah paham perbedaannya sekarang, jangan sampai keliru lagi yaa. Semoga artikel tentang Apa Perbedaan UMK, UMR, dan UMP ini bermanfaat dan dapat memberi informasi yang berguna untuk kamu.

Saifuddin Romli

Seorang Content Creator, yang juga hobi travelling dan kulineran.