Curug Leuwi Hejo Sentul Bogor, Harga Tiket hingga Keindahannya

Saifuddin Romli |

CURUG LEUWI HEJO SENTUL BOGOR - Masih Ada Punglinya - Review Lengkap + Harga Tiket polos

Curug Leuwi Hejo merupakan Wisata alam yang ada di bogor terkenal sangat indah dan sejuk. Menjadi destinasi wisata air paling favorit di Bogor. Karena curug ini memiliki lokasi yang tidak terlalu jauh dari pusat kota ataupun dari Jakarta. Curug ini terletak di kawasan Gunung Cipancar Sentul Bogor. Keistimewaan curug ini terletak pada kejernihan airnya yang berasal dari Sungai Cilengsi.

Curug ini menjadi salah satu destinasi wisata sentul bogor yang di incar para wisatawan dari luar kota, karena lokasi yang tidak terlalu jauh dan juga pemandangannya yang indah. Lalu kegiatan seru apa saja yang bisa zoners lakukan disana, yuk simak ulasannya berikut ini.

Curug Leuwi Hejo, Objek Wisata Air di Bogor

Curug Leuwi Hejo merupakan salah satu objek wisata air yang berada di daerah kawasan Gunung Cipancar Sentul. Curug ini terkenal dengan airnya yang sangat jernih yang berasal dari Sungai Cilengsi.

Saat diresmikan dan dibuka untuk umum pada tahun 2014, curug ini dulunya bernama Curug Bengkok, karena memiliki aliran air yang berbelok-belok. Lalu berubah menjadi Leuwi Hejo yang berasal dari Bahasa Sunda yang artinya air terjun tempat mandi yang berwarna hijau. Dan menggunakan nama Leuwi Hejo sampai saat ini.

Untuk menikmati keindahan dan kesegaran curug ini kamu masih harus berjalan kaki menuju lokasi. Jadi setelah memakirkan kendaraan, kamu harus berjalan kaki menuju lokasi denga waktu tempuhnya sekitar 15 hingga 20 menit, tergantung pada kecepatan kamu berjalan kaki. 

*Tips buat para zoners saat kesini gunakanlah alas kaki yang nyaman dan tidak licin agar lebih nyaman dan aman menuju curug.

Kamu pasti pernah dengerkan kan di daerah sini banyak punglinya. Apakah bener? Yuk simak video Zona Bogor tentang Curug Leuwi Hejo ini sampai habis yaa.

Kegiatan Seru Selama di Curug Leuwi Hejo

Ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di air terjun yang indah ini. Mulai dari berenang hingga berfoto dengan teman ataupun pasangan. Nah berikut ini kegiatan seru yang bisa kamu lakukan selama berwisata disana.

1. Berenang dan Bermain Air

Tidak sempurna rasanya jika berwisata air terjun tapi tidak berenang. Yap kamu wajib berenang dan menikmati kesegaran dan kesejukan air di curug ini. Atau jika tidak ingin berenang kamu bisa melakukan bermain air dengan  menceburkan diri atau kaki kamu ke dalam air yang sangat jernih itu.

Baca Juga : Rekomendasi Curug di Bogor yang Bagus, Cocok untuk Inspirasi Liburanmu

Meskipun Curug Leuwi Hejo tidak terlalu tinggi dibanding curug yang lain, kedalamannya mencapai 2 hingga 3 meter. Namun kamu tetap harus berhati-hati karena curug ini memiliki aliran air yang cukup deras.

2. Terjun Dari Tebing

Selain berenang dan bermain air tepi curug, kamu bisa melakukan terjun dari tebing atau body jumping. Karena posisi ujung yang lumayan tinggi, kamu harus coba body jumping disana. Tapi jangan lupa untuk terus berhati-hati. Karena tempat loncat yang licin dan juga cukup dalam.

3. Menikmati Alam

Keadaan alam di sekitar Curug masih sangat asri dikelilingi dengan pemandangan yang indah, selama disana kamu bisa duduk-duduk di atas batu sambil menikmati alam yang tersaji.

Tempat wisata alam yang tak begitu jauh dari Ibukota ini, memiliki suasana yang sangat menenangkan apalagi ditambah dengan suara air yang mengalir.

4. Hunting Foto-Foto Cantik

Jika berwisata sudah pasti foto-foto, biar di IG keliyatan lagi liburan. Curug Leuwi Hejo memang memiliki pesonanya sendiri jadi wajib untuk kamu mengabadikan momen indah selama disana. Jadi jangan lupa bawa camera atau ajak temen yang camera hp nya bagus.

Fasilitas Yang Tersedia

Curug Leuwi Hejo menyediakan fasilitas diantaranya toilet atau kamar mandi, tempat parkir yang luas, dan juga warung makanan dan minuman.

Lokasi dan Alamat Curug Leuwi Hejo

Lokasi Curug Leuwi Hejo berada di Kampung Wangan, Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Kecamatan Sukamakmur, Bogor. 

Seperti lokasi curug yang lainnya air terjun ini berada di area pegunungan dan dekat dengan lokasi Curug Barong dan Leuwi Lieuk.

Jam Oprasianal Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo buka setiap hari mulai dari hari Senin sampai Minggu, dan waktu buka mulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Baca Juga : Leuwi Kunten Sentul Bogor, Wisata Air Murah Meriah di Sentul

Tiket Masuk Curug Leuwi Hejo

Zoners yang ingin berwisata ke air terjun ini perlu membayar retribusi untuk masuk. Harga tiket masuk Curug  Leuwi Hejo baik untuk weekend maupun hari biasa berlaku sama.

*Hal penting yang harus diperhatikan jika kamu ingin berwisata ke sini adalah, berhati-hati karena banyak pungutan liar di sekitar area curug terutama saat mau masuk.

Tiket Masuk Loket 1Rp15.000
Tiket Masuk CurugRp25.000

*Harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu 

Untuk teman-teman yang sedang berwisata ke curug ini jangan lupa untuk menjaga dan membuang samapah pada tempatnya. Agar keindahan dan kesegaran curug ini selalu terjaga dan dapat dinikmati anak cucu kita nantinya.

Semoga artikel tentang Curug Leuwi Hejo ini bermanfaat. Apabila ada pertanyaan seputar bogor, bisa kamu tanyakan di kolom komentar yaa.

Penulis Saifuddin Romli Seorang Content Creator, yang juga hobi travelling dan kulineran.