10 Rekomendasi Tempat Wisata Sentul Bogor

By Saifuddin Romli |

10 Rekomendasi Tempat Wisata Sentul Bogor

Sentul merupakan salah satu desa yang terletak di kaki gunung sehingga udaranya sejuk dan pemandangannya indah. Keadaan alam ini membuat tingginya potensi tempat wisata Sentul Bogor yang disukai wisatawan. 

Mulai dari wisata alam, buatan, hingga wisata yang hits dan kekinian semua bisa ditemukan di daerah Sentul dengan mudah.

Rekomendasi Tempat Wisata Sentul Bogor

Ada banyak sekali tempat wisata di Sentul yang menarik untuk dikunjungi. Apabila kebetulan sedang mampir ke Bogor, tidak ada salahnya untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang sedang hits seperti berikut ini.

Gunung Ciung

Keberadaan Gunung Ciung menjadi angin segar bagi traveler yang hobi banget mendaki. Setelah dimodifikasi menjadi tempat wisata yang indah, pengalaman mendaki di gunung ini jadi lebih berkesan.

Untuk naik ke area wisatanya, wisatawan harus berjalan kaki menempuh jarak 1,5 km. Tentu saja perjalanan tidak terasa melelahkan karena melewati pemandangan indah dan sungai alami yang terbentang. 

Di lokasi wisata Gunung Ciung ini juga sudah disediakan tempat untuk berkemah bagi yang ingin bermalam dan menyatu dengan alam sekitar pegunungan. 

Baca Juga : Tempat Wisata di Bogor Terbaru dan Populer

Kampoeng Koneng

Pecinta kuliner wajib mampir ke tempat yang satu ini. Menu yang disajikan adalah masakan kampung khas daerah Koneng yang  rasanya unik dan tentunya sulit ditemukan di tempat lain.

Meski tampil sebagai wisata kuliner yang menjadikan menu masakan sebagai ikonnya, tempat ini juga menarik dikunjungi untuk wisata karena pemandangan indah di sekitarnya. 

Lokasinya berada di sekitar area persawahan yang masih hijau dan asri. Sementara tempat makannya berupa gazebo beratap rumbia khas rumah kampung di zaman dulu. Dari gazebo ini pengunjung juga bisa menyaksikan pegunungan biru dari kejauhan yang semakin menambah selera makan.

Lokasi tempat makan yang strategis ini sangat fotogenik sehingga hampir tidak ada pengunjung yang lupa berfoto di sini.

Taman Fathan Hambalang

Wisata hits sentul lainnya yang sangat populer sejak awal kemunculannya adalah Taman Fathan Hambalang. Tempat ini memiliki daya tarik karena menyajikan pemandangan alam yang sangat eksotis. Ini disebabkan karena lokasinya yang berada di atas perbukitan.

Bahkan beberapa gunung yang ada di Bogor  bisa dilihat dari sini, yakni Gunung Pancar, Gunung Gede, hingga Gunung Pangrango. Sejak diberdayakan sebagai tempat wisata, kondisi taman terus dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Menariknya, pada malam hari pengunjung dari kalangan muda mudi biasanya memadati lokasi karena suasananya romantis dan indah. Apalagi dengan adanya lampu kelap-kelip yang menyala pada malam hari. 

Edensor Hills

Berbeda dengan tempat wisata Sentul Bogor lainnya yang murni dikelola sebagai area wisata, Edensor Hills sebenarnya merupakan vila dan resort yang biasa digunakan untuk menginap ataupun staycation. 

Namun keunikan bangunan vila yang menyerupai rumah di Edensor Inggris membuat banyak pengunjung yang penasaran untuk menyaksikan atau sekadar berfoto ria. 

Untungnya di kawasan ini ada kafe kuliner yang bisa dijadikan tempat singgah. Jadi, kalau gak ingin menginap karena terbatas biaya, bisa mampir makan ke kafe sambil foto-foto di bangunan vila Edensor.

Sawah Segar Sentul

Pada mulanya, sawah segar Sentul ini murni area persawahan penduduk sekitar  yang sebagian besar bekerja sebagai petani. Tapi keindahan pemandangan di area ini membuatnya dimanfaatkan sebagai tempat wisata alam.

Pengelola hanya menambahkan gazebo dan jalan setapak yang teratur untuk mempermudah wisatawan beraktivitas di sini. Sementara untuk memperindah suasana di malam hari, telah dipasang lampu kelap kelip yang membuat suasananya semakin menarik. 

Lokasi wisata sawah ini berada di desa Bojong Koneng, tepatnya di Kecamatan Babakan Madang, Sentul. 

Taman Budaya Sentul City

Taman Budaya yang terletak di Kecamatan Babakan Madang ini sebenarnya sudah terkenal sejak lama. Pasalnya, di sini tersedia fasilitas outbond yang disinyalir paling lengkap dan paling besar di Indonesia.

Tidak heran jika banyak pengunjung dari kalangan pelajar kecil hingga SMA yang berkunjung ke sini untuk melakukan outbond.

Bagi wisatawan yang hanya ingin melihat pemandangannya saja, tetap bisa mampir ke sini sambil bersantai atau menyaksikan pagelaran budaya yang tampil pada hari tertentu. Lokasinya yang berlatar empat gunung di Bogor membuat pemandangan di sini tetap eksotis dan segar.

Richie’s Garden Resto & Café

Objek utama tempat ini sebenarnya juga bukan wisata, melainkan restoran dan kafe. Tentu saja lokasinya yang strategis membuat pemandangan di sekitar kafe juga menarik layaknya tempat wisata. 

Pemandangan menarik yang disajikan di sini adalah Gunung Gede dan Gunung Salak yang masih terlihat biru dari kejauhan. Menyantap makanan di kafe ini juga semakin menenangkan karena di sekitarnya ada lapangan golf yang hijau. 

Goa Agung Garunggang

Bosan dengan pemandangan sawah dan gunung, kamu juga bisa melihat keindahan Goa di Sentul lho! Satu-satunya goa yang sangat instagramable adalah Goa Agung Garunggang. Bentuk goa yang unik membuat pengunjung banyak yang menjadikannya sebagai spot foto.

Tidak hanya unik dari segi bentuk saja, dinding goa juga sangat menarik karena bisa menampilkan 3 gradasi warna sekaligus, yakni warna kuning, hitam, dan cokelat.

Destinasi goa ini jauh dari kata gersang, karena bagian luarnya adalah perairan dan pemandangan khas daerah pegunungan yang sejuk dan banyak pohon. Jadi meski berkunjung siang hari, dijamin gak akan kepanasan. 

Baca Juga : Oleh-Oleh Khas Bogor Kekinian yang Wajib Diburu

Gunung Pancar Sentul Bogor

Pada dasarnya, tempat wisata Sentul Bogor Gunung Pancar ini hanya menyajikan deretan pohon pinus yang berjajar rapi dan sangat teduh untuk dilewati. 

Namun sejak dikelola sebagai tempat wisata, ayunan gantung dan wahana lainnya mulai dipasang dengan memanfaatkan pohon-pohon pinus yang jaraknya berdekatan.

Alhasil, tempat ini sekarang menjadi populer khususnya di kalangan anak muda karena banyaknya wahana yang bisa dijadikan spot foto menarik. 

Menariknya, baru-baru ini di lokasi wisata Gunung Pancar juga ada jasa pijat buat pengunjung yang merasa kelelahan atau ingin menyegarkan badan di tengah pemandangan yang hija. 

Air Terjun Bidadari

Berkunjung ke daerah dataran tinggi seperti Sentul memang tidak lengkap sebelum mencoba segarnya air dari mata air asli pegunungan. Apabila ingin menyegarkan badan sekaligus pikiran, wisata Air Terjun Bidadari patut dikunjungi.

Tempat ini tidak hanya menyajikan pemandangan air terjun yang segar saja, tapi juga kolam renang anak yang membiaskan warna kebiruan dari kejauhan. Kalau kebetulan membawa anak-anak, bisa langsung di ajak mandi dengan aman di kolam yang airnya asli dari pegunungan ini.

Namun untuk dewasa, bisa juga mandi di kolam yang bertemu langsung dengan aliran air terjun. Antara kolam anak dan dewasa ini dipisah dengan batu besar asli yang membuat pemandangannya dari jauh semakin menakjubkan. 

Itulah beberapa tempat wisata Sentul Bogor yang sedang hits dan sangat recommended untuk dikunjungi. Agar bisa mendapatkan pengalaman wisata yang lebih seru di Sentul, pastikan kamu sudah mempersiapkan tenaga, waktu, dan juga budget yang cukup untuk menikmati liburan di tempat tersebut. 

Saifuddin Romli

Seorang Content Creator, yang juga hobi travelling dan kulineran.