10 Daftar Kolam Renang di Bogor, Lokasi dan Harganya

Saifuddin Romli |

Daftar Kolam Renang di Bogor, Lokasi dan Harganya

Meskipun Bogor memiliki banyak wisata alam yang menakjubkan, namun kolam renang Bogor masih banyak diburu para wisatawan. Tentu saja yang menjadi daya tarik kolam di daerah Bogor adalah karena airnya yang banyak diambil dari sumber mata air pegunungan Bogor. 

Daftar Kolam Renang di Bogor

Lelah berkeliling menjelajahi wisata Bogor, memang tidak akan hilang sebelum bisa menyegarkan tubuh dengan mandi di kolam. Jika masih bingung mencari kolam terbaik yang menjadi favorit masyarakat setempat, berikut beberapa kolam di Bogor yang bisa dikunjungi. 

Marcopolo Water Adventure

Kolam yang satu ini cukup hits di Bogor meski tiket masuknya ditawarkan dengan harga yang fantastis. Pada hari biasa, pengunjung dikenakan tiket Rp45.000,00 sementara saat libur tiketnya Rp60.000,00. 

Daya tarik yang paling menonjol dari kolam ini adalah desain kolam yang dilengkapi berbagai ornamen laut. Jadi berenang di kolam ini seperti berada di tengah laut. Ada ornamen ikan paus, gurita, goa bajak laut, kapal, dan bentuk kolam memanjang seperti arus lautan. 

Bagian kolam juga dibagi menjadi 3, yakni balita, anak-anak, dan orang dewasa. Wahananya juga cukup lengkap, mulai dari ember tumpah, papan seluncur, kolam pijat, serta air hangat. 

Kolam renang ini berlokasi di Jalan Raya Bukit Cimanggu, Cibadak, Tanah Sereal. Kabupaten Bogor. 

Water Park SKI

Kolam renang yang satu ini adalah salah satu wahana dari Taman hiburan Sumber Karya Indah, atau yang lebih dikenal dengan nama SKI Bogor. Lokasinya sangat strategis karena berada di Wisata SKI Tajur, Jl. Katulampa Raya No.06, RT.06/RW.01, Katulampa, Kec. Bogor Timur.

Kolam ini memiliki kelebihan dari ukurannya yang sangat luas. Bahkan terhitung ada 4 kolam untuk anak-anak dan dewasa di dalamnya. 

Menariknya lagi, kolam SKI dilengkapi dengan water boom sehingga selalu ramai oleh anak-anak terutama sebelum pandemi.  Sebagian besar pengunjungnya adalah orang yang memang ingin berlibur, karena SKI juga dilengkapi dengan wahana permainan indoor dan outdoor.

Jadi, saat puas berbelanja dan memainkan wahana di sini, pengunjung akan mampir ke kolam sekaligus.

Sebagai tempat perbelanjaan, masuk ke sini tidak dikenakan biaya apapun. Tapi untuk berenang di kolam, harus membayar tiket sebesar Rp35.000,00.

Zamzam Tirta

Kolam Zamzam Tirta juga gak kalah ramai dengan SKI. Pasalnya di sini juga menyediakan arena waterboom yang sangat menghibur keluarga. Ada juga lapangan futsal untuk kelompok futsal yang ingin latihan atau bertanding.

Apabila merasa kelaparan setelah renang, di sekitar lokasi juga sudah ada restoran sehingga sangat lengkap dan dibanjiri pengunjung ketika liburan.

Walaupun pengunjungnya banyak, kualitas air di kolam Zamzam ini sangat terjamin kebersihan dan kesegarannya. Faktor penyebabnya karena air di sini ternyata berasal dari mata air Gunung Salak yang masih alami, sejuk, dan jernih. 

Kabar baiknya, tiket masuk ke kolam Zamzam Tirta sangat terjangkau, yakni 20 ribu di hari libur, dan 15 ribu di hari biasa. Lokasinya juga mudah dijangkau, yakni di Jl. Sukamaju Ciapus Kreteg No.2A, Pagelaran, Ciomas, Bogor, Jawa Barat 16610. 

Baca Juga : Dafatar Tempat Wisata di Bogor Terbaru dan Populer

Kolam Renang Sagara Bogor

Kolam renang Bogor Segara termasuk salah satu kolam yang sudah berdiri sejak lama dan masih terkenal hingga sekarang. Tentu saja ada banyak daya tarik yang dimiliki sehingga orang tetap berkunjung ke sini di tengah banyaknya kolam renang terbaru lainnya.

Salah satu daya tarik yang cukup menonjol adalah fasilitasnya yang selalu bersih dan lengkap. Ada Wifi, Mushola, kafe, serta banyak berdiri kafe di sekitarnya.

Untuk kesegaran airnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Sesuai dengan namanya, air di sini segar dan alami seperti segara atau sungai. 

Walaupun luas, area kolam hanya dibagi menjadi dua, yaitu kolam anak-anak dan dewasa. Lokasinya berada di Jalan Pamoyanan, tepatnya di Blok Ranggasari nomor 232. Tiketnya juga  masih mematok harga standar, yakni 25 ribu di hari biasa dan 30 ribu ketika weekend. 

Kolam Renang Sagara menjadi Kolam Renang di Bogor yang murah dan terjangkau

Kolam Renang Villa Duta Bogor

Disebut Kolam Renang Villa Duta karena lokasinya memang berada di area Perumahan Villa Duta yang cukup terkenal di Bogor, tepatnya di Jalan Renanwijaya No. 9 Baranangsiang. Walaupun di area perumahan, ternyata harganya tiketnya sangat terjangkau yakni 20 ribu di hari libur dan hari biasa.

Buat kamu yang masih belajar renang dan males di keramaian, kolam ini bisa menjadi tujuan yang tepat karena suasananya masih cukup sepi dan tenang. Airnya juga sangat jernih dengan fasilitas kolam sangat terawat.

Karena berada di area vila, tentu saja pemandangan di sekitar kolam adalah bangunan vila yang cukup unik dengan beberapa gazebo di sekitar kolam. 

Kolam Renang Aldepos

Kolam Renang yang dilengkapi fasilitas lengkap dengan harga miring tentu bukan sekadar angan-angan saja. Aldepos adalah kolam renang yang terletak di Desa Tapos 2 Tenjolaya Bogor ini dipatok dengan harga tiket 10 hingga 20 ribu saja per orang.

Padahal fasilitas dan kejernihan air kolamnya tidak mengecewakan sama sekali. Mulai dari toilet, ruang ganti, mushola, gazebo, hingga kantin tersedia di sini. Tentu tidak ketinggalan wahana airnya yang menyenangkan. 

Untuk jenis kolam yang disediakan juga lengkap, yaitu kolam dewasa, kolam anak-anak, kolam arus, dan kolam khusus wahana. Kolam wahana tentunya sudah dilengkapi dengan air mancur, seluncuran, ember tumpah, dan playground yang sangat menghibur pengunjung dari kalangan anak-anak. 

Eldorado Waterpark

Kolam Eldorado memiliki pengunjung yang sangat tinggi dari kalangan keluarga yang membawa anak-anak. Pasalnya, desain kolam secara keseluruhan lebih banyak ditujukan untuk menghibur anak-anak.

Tentu saja di dalamnya juga sudah ada wahana kolam pada umumnya seperti ember tumpah, kolam arus, dan water slide. 

Bagi traveler yang hobi traveling bareng anak-anak, wajib mampir ke kolam segar yang satu ini. Dijamin anak bakalan happy dan tidak bosan berlama-lama di dalamnya. 

Lokasi Eldorado ada di kompleks Legenda Wisata Km.6. Untuk harga tiketnya  Rp40.000,00 saat liburan dan Rp25.000,00 di hari biasa. 

Kolam Renang Taman Gunung Batu

Kedengaran dari namanya sudah terlihat bahwa kolam renang Bogor ini sangat alami karena berada di dalam lokasi wisata Gunung Batu, tepatnya di Desa Sukaharja. 

Disebut Kolam Gunung Batu karena pada kenyataannya kolam ini memang dibangun di atas pegunungan yang wilayahnya cukup tinggi. Ukuran kolam memang tidak terlalu besar, tapi sensasi berenang di atas ketinggian menjadi daya tarik tersendiri dari kolam yang satu ini.

Tentu saja air kolamnya juga menggunakan air asli dari pegunungan sehingga terasa sejuk dan segar saat bersentuhan dengan kulit. 

Kolam Renang Lake Slide

Kolam ini juga menawarkan harga tiket yang cukup tinggi, yakni Rp65.000,00 saat hari libur dan Rp50.000,00 di hari biasa. Tentu saja  harga tersebut sesuai dengan beragam fasilitas eksklusif yang ditawarkan oleh kolam Lake Slide ini. 

Sayangnya, kolam yang sangat hits di Bogor ini selalu ramai pengunjung sehingga kurang cocok untuk mereka yang lebih suka suasana tenang dan sepi. 

Lengkapnya fasilitas di kolam ini membuatnya sering dijadikan tempat ekstrakurikuler renang bagi anak-anak sekolah. Apalagi ukurannya juga sangat luas sehingga enak dijadikan tempat latihan renang sebelum lomba. Lokasi Lake Slide sendiri ada di Jalan Danau Bogor Raya, daerah Bogor Utara. 

Yasmin Waterboom Sport Center

Kolam yang satu ini sangat akrab di kalangan traveler yang hobi banget olahraga. Ini disebabkan lokasinya yang berada di Yasmin Centre Sport Club. 

Kolam ini cukup lengkap dan menarik untuk dikunjungi. Di dalamnya tersedia 3 area kolam untuk dewasa dan anak-anak. Fasilitasnya juga cukup umum, yakni mini slide, ember tumpah, dan pipa pancuran. 

Tarif masuknya juga masih menggunakan harga umum, yaitu berkisar antara Rp25.000,00 sampai Rp35.000,00. Sementara lokasinya ada di Yasmin Centre, Jl. KH. R. Abdullah Bin Nuh, RT.06/RW.02, Curugmekar, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16113. 

Demikianlah beberapa kolam renang Bogor yang cukup recommended untuk dikunjungi. Selain karena fasilitasnya yang lengkap, lokasinya juga mudah ditempuh oleh pengunjung dari dalam kota Bogor ataupun yang berasal dari luar kota. 

Penulis Saifuddin Romli Seorang Content Creator, yang juga hobi travelling dan kulineran.