7 Tempat Wisata di Bogor Terbaru dan Populer

Saifuddin Romli |

Tempat Wisata di Bogor Terbaru yang bagus dan murah-min

Kota Bogor merupakan salah satu kota yang sering menjadi tujuan para wisatawan dari Jakarta atau kota lain yang penat dengan suasana kota yang padat. Tidak bisa dipungkiri jika memang ada banyak tempat wisata di Bogor yang bagus sekali untuk dikunjungi bersama keluarga maupun pasangan.

Bogor sendiri dikenal dengan sebutan kota hujan dikarenakan curah hujannya yang terbilang sangat tinggi. Semakin gencarnya sosial media saat ini, tidak heran jika belakangan ada banyak destinasi wisata Bogor yang viral dan terkenal.

Penasaran ada apa saja? Berikut rekomendasi daftar tempat wisatayang cocok untuk berlibur dengan keluaraga.

Tempat Wisata di Bogor Terbaru

Bukit Gantole Puncak

Bagi yang menyukai aktivitas wisata yang ekstrim, mencoba paralayang di Bukit Gantole mungkin biasa menjadi alternatif destinasi wisata yang bisa dicoba. Bukit Gantole sendiri masih berlokasi di sekitar jalan raya Puncak Bogor, tepatnya di km 87.

Meski ekstrim, namun wisata yang juga dikenal dengan “Bukit Paralayang”nya Bogor ini terkenal dan banyak wisatawan yang rela jauh-jauh dari luar kota untuk mengunjunginya. Kapan lagi sih bisa naik sebuah paralayang dan mengabadikannya dengan kamera sambil selfie?

Apalagi tarif menikmati paralayang di bukit ini juga murah dan pengunjung bisa terbang selama 10 menit sambil melihat indahnya Bogor dari atas. Tarif masuk ke Bukit Gantole sendiri cukup murah, yakni Rp 13.000 dan Rp 350.000 untuk merasakan asyiknya paralayang.

The Jungle Waterpark

Mengajak anak-anak liburan memang asyiknya berkunjung ke wisata keluarga, seperti The Jungle Waterpark misalnya. The Jungle Waterpark sendiri menjadi salah satu destinasi andalan keluarga karena menyediakan banyak sekali wahana permainan anak yang menyenangkan untuk dicoba.

Beberapa wahana yang tersedia di The Jungle Waterpark sendiri ada wave pool, akuarium raksasa, tower slide, bird park dan masih banyak lagi. Nah, yang menjadi keunikan dari waterpark ini adalah adanya akuarium raksasa yang berada di tengah kolam.

Sambil berenang, anak-anak bisa menyaksikan berbagai macam koleksi ikan di dalamnya. Kalau bosan bermain air, ada cinema 4D untuk menonton film dengan aksi yang seolah-olah serasa nyata.

Ada juga mall di sekitar The Jungle Waterpark. Destinasi wisata satu ini berlokasi di Perumahan Bogor Nirwana Residence, Mulyaharja.

Highland Park Resort

Mau mencoba berwisata sekaligus camping dengan suasana berbeda? Mungkin tempat wisata di Bogor satu ini bisa menjadi pilihannya. Highland Park Resort adalah sebuah wisata yang menawarkan konsep camping kekinian yang disebut “Glamping”.

Jadi, meskipun wisatawan tujuannya adalah camping, namun suasana campingnya ini seperti tidur di  hotel berbintang. Konsep camping satu ini sedang populer sekali lho di Indonesia. Jadi ingin mencobanya? Datang saja di di Curug Nangka, Kampung Sinarwangi.

Highland Park Resort adalah wisata sekaligus tempat penginapan yang sangat recomended karena mengajak pengunjung kembali ke alam dan menyuguhkan megahnya Gunung Salak. Pengelola wisata juga menyediakan sebuah tenda ala-ala Mongolia.

Tiap tenda sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas lengkap seperti kasur, bantal dan tidak lupa juga ada perosotan, tempat karaoke, kolam renang lapangan futsal, dan wahana flying fox. Seru sekali bukan konsep wisata dan penginapan satu ini? Tarif menginap per malamnya adalah Rp 1,5 juta.

Baca Juga : Curug di Bogor yang Bagus, Cocok untuk Inspirasi Liburanmu

Taman Wisata Gunung Pancar Bogor

Kalau Gunung Pancar mungkin sudah tidak asing lagi ya bagi kebanyakan masyarakat lokal, tapi bagaimana dengan taman wisatanya? Kabar gembira nih bagi wisatawan yang suka sekali piknik asyik di tengah-tengah alam, cobalah datang ke Taman Wisata Gunung Pancar.

Siapapun yang datang ke tempat wisata ini akan merasa takjub dengan keindahan hutan pinus yang bagus sekali dijadikan spot foto. Taman wisata ini juga menjadi sebuah bumi perkemahan yang sering dijadikan tempat camping perusahaan dan anak-anak sekolah.

Berlokasi di kecamatan Babakan Madang, tepatnya Desa Karang Tengah, Taman Wisata Gunung Pancar sepertinya harus menjadi daftar tempat wisata di Bogor yang murah dan perlu dikunjungi. Taman wisata ini tidak hanya bagus untuk camping saja, tapi juga berburu foto.

Saking bagusnya tempat wisata ini, banyak yang menjadikannya sebagai spot foto prewedding. Adapun untuk tarif masuk ketika weekdays hanya Rp 5.000 dan kalau weekend Rp 7.500.

Curug Cibaliung

Gunung Pancar di Bogor ini memang menyimpan banyak sekali tempat wisata yang menarik. Jadi selain menyediakan Taman Wisata Gunung Pancar yang dijadikan sebagai camping ground, ternyata ada juga nih air terjun yang begitu indah.

Ya, nama wisata di Gunung Pancar ini adalah Air Terjun Cibaliung dan keindahannya mendadak viral sejak adanya Instagram.

Banyak anak muda yang sengaja berdatangan ke Gunung Pancar untuk menuju Air Terjun Cibaliung yang terkenal dengan air warna biru jernihnya.

Apalagi untuk masuk ke tempat wisata ini juga gratis, hanya perlu membayar parkir saja. Tentu saja destinasi yang masih gratis apalagi di sekitar Bogor akan cepat viral dan banyak diburu oleh wisatawan, apalagi anak-anak muda.

Tirta Sanita Ciseeng

Ingin relaksasi dari penatnya hiruk pikuk kota dan mencari tempat wisata di Bogor yang recomended untuk healing? Mungkin mandi di sebuah kolam air panas Tirta Sanita Ciseeng ini cocok sekali dicoba! Di sini, wisatawan bisa merasakan sensasi mandi dengan air panas di sebuah infinity pool alami.

Menariknya dari pemandian air panas alami di Tirta Sanita Ciseeng sendiri adalah airnya ini memiliki kandungan garam plus belerang sehingga bagus sekali nih untuk kecantikan kulit sekaligus kesehatan.

Tidak hanya menyediakan kolam pemandian air panas saja, pengunjung juga bisa nih mencoba mandi di sebuah kolam rendam yang sifatnya pribadi dengan fasilitas terapi yang bisa dipilih. Ada dua jenis terapi yang disediakan di Tirta Sanita Ciseeng yakni lintah dan pedikur ikan.

Bagi yang membawa anak-anak, tenang saja, di sini juga menyedian sebuah area outbond dengan beberapa wahana permainan yang menghibur anak seperti perahu dan becak mini. Untuk bisa mandi di Tirta Sanita Ciseeng tarifnya adalah Rp 8.000 khusus anak-anak dan Rp 12.000 untuk dewasa.

Bukit Alesano

Tempat wisata di Bogor terbaru yang perlu untuk dikunjungi selanjutnya adalah Bukit Alesano atau juga serin disebut sebagai “Bukit Bintang” nya Bogor. Bedanya dengan Bukit Bintangnya Jogjakarta adalah, di sini bisa dijadikan sebagai tempat berkemah.

Kapan lagi nih wisatawan bisa berkemah dan menyaksikan pemandangan Bogor di malam hari dari ketinggian bukit?

Dijamin sensasi berkemah di Bukit Alesano ini akan sangat berkesan apalagi saat matahari terbit, wisatawan bisa menyaksikan Gunung Salak dan juga Gede Pangrango yang terlihat megah dan indah.

Nah, karena Bukit Alesano ini masih tergolong sebagai wisata baru, maka lokasinya masih belum dikelola dengan cukup baik dan fasilitasnya pun terbatas.

Sekarang, kalau bingung mencari tempat wisata di Bogor yang recomended dan bagus untuk dijadikan liburan saat sedang penat dan bosan, kunjungi saja beberapa rekomendasi destinasi yang sudah disebutkan di atas!

Penulis Saifuddin Romli Seorang Content Creator, yang juga hobi travelling dan kulineran.