Rekomendasi Destinasi Wisata Puncak Bogor yang Buka dan Terbaru

Saifuddin Romli |

Rekomendasi Destinasi Wisata Puncak Bogor yang Buka dan Terbaru

Bogor merupakan kota yang berada di dataran tinggi dengan banyak tempat wisata di dalamnya. Udaranya yang sejuk dan tanah yang subur semakin mendukung keindahan wisata di tempat ini.  Tidak heran kalau wisata puncak Bogor Terbaru selalu diburu wisatawan dari dalam ataupun luar kota. 

Wisata Puncak Bogor Terbaru dan Sedang Hits

Dengan wilayahnya yang berada di puncak ketinggian, tentu ada beragam wisata alam hingga buatan yang bisa dinikmati di Bogor. Beberapa di antaranya sangat hits di kalangan remaja dan akrab untuk keluarga, yaitu:

Little Vanice

Wisata ini sangat terkenal karena mengusung konsep kota Venesia Italia sebagai daya tariknya. Apabila dilihat melalui foto, tempat ini memang terlihat sangat persis dengan kota di Eropa tersebut. Apalagi dengan adanya gondola, sungai, dan bangunan khas Italia di sekitarnya. 

Sebagian besar aktivitas wisata yang bisa dilakukan di sini memang berkaitan dengan wahana air. Tidak hanya gondola, tapi ada juga Boat Ride, perahu naga, dan perahu bebek. Pemandangannya yang unik khas Eropa membuat Little Vanice ini langsung tren di berbagai media sosial. 

Tiket masuknya sangat terjangkau, yakni sekitar Rp20.000,00 per orang belum termasuk wahana naik perahu. Sementara lokasinya ada di Batulawang, Cipanas. 

Wisata Damar Langit

Buat kamu yang gak betah lapar, Damar Langit jadi tempat yang recommended banget untuk dikunjungi. Gak sekedar menyajikan beragam menu yang lezat saja, di sini juga ada pemandangan menarik yang cocok untuk hunting foto. 

Lokasinya yang ada di puncak Cisarua memungkinkan pengunjung untuk melihat keindahan gunung Pangrango, gunung Salak, dan hijaunya persawahan yang masih asri di sekelilingnya. 

Resort ini juga menyediakan tempat makan yang cukup unik di alam terbuka dengan desain ruang persegi yang elegan. Menu yang bisa disantap juga beragam, seperti pepes ayam, roti John, sweet spicy, ayam taliwang, dan masih banyak menu lainnya.

Lokasinya berada di Batu Layang, Kecamatan Cisarua, Bogor. 

Baca Juga : Tempat Wisata di Bogor Terbaru dan Populer

Kebun Raya Cibodas

Meski sudah ada sejak lama, Kebun Raya Cibodas tetap hits hingga sekarang. Apalagi pihak pengelola terus meningkatkan fasilitas dan wahana menarik yang membuat pengunjungnya tidak bosan. 

Beberapa tempat favorit pengunjung yang paling sering dijadikan spot foto adalah kebun bunga Sakura, green house, Jalan Araucaria, serta Air Terjun Cibodas.  Dengan lahan seluas 80 hektar, dijamin pengunjung akan  merasa puas dan kelelahan ketika mengelilingi seluruh wilayah kebun. 

Kebun Cibodas ini berlokasi di Desa Cimacan, tepatnya pada kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango. Tiket masuknya kisaran Rp17.000,00 per orang dan bisa berubah tergantung kondisinya. 

Telaga Malimping

Belum puas dengan wisata puncak Bogor yang alami, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Telaga Malimping yang sangat kental dengan nuansa kesegaran alam di dalamnya.

Karena hanya memanfaatkan alam yang tidak banyak diubah, maka tiket masuknya sangat terjangkau, yakni hanya Rp2.500,00 saja per orang. 

Pemandangan favorit yang paling disukai wisatawan di sini adalah air terjun mini yang ada di sisi jalan setapak khas pemandangan alam di pedesaan. 

Wisata ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa wahana yang cocok bagi keluarga yang membawa anak-anak. Misalnya saja wahana kebun binatang, istana balon, serta mandi bola. Sementara wahana untuk orang dewasa juga sudah tersedia flying fox, paint ball, dan masih banyak lagi. 

Kalau sekedar ingin melihat pemandangan saja, bisa duduk-duduk di gazebo yang tersedia atau mampir ke pondok kuliner sambil mengisi perut. 

Untuk menikmati wisata yang indah dan murah ini, cukup datang langsung ke desa Ciades, Kecamatan Cigompong. 

Penangkaran Rusa Giri Jaya

Umumnya penangkaran hewan berada di lokasi yang tidak terlalu menarik dan mirip pemandangan hutan. Namun penangkaran rusa di Cairu Bogor ini justru menyajikan pemandangan yang sangat asri dan sejuk. Apalagi lokasinya masih berada di sekitar puncak Bogor.

Pengunjung akan disuguhkan beragam rusa dengan tingkah lucunya serta warna-warna bulunya yang sangat menarik. Jadi berada di sini seperti berada di alam bebas yang alami dengan rerumputan hijau dan beragam rusa. 

Di sini juga ada spot foto menarik berupa jalan setapak yang dikelilingi oleh pohon dan tumbuhan yang sangat rindang. Ada juga jembatan gantung yang menjadi favorit wisatawan dan cukup instagramable. Tiket masuk ke wisata ini hanya Rp8.000,00 saja per orang. 

Cimory Dairyland Puncak Bogor

Cimory juga mengembangkan tempat wisata edukasinya di Puncak Bogor dan dibuka sejak bulan Mei tahun 2021 lalu. Sama dengan Cimory di tempat lainnya, di dalamnya terdapat banyak wahana yang sangat mendidik dan menyenangkan untuk anak-anak.

Cimory Dairyland Puncak Bogor merupakan salah satu Wisata Puncak Bogor yang buka, dengan syarat menerapkan protokol kesehatan.

Ada Tractor Tour de Farm yang bisa dinaiki untuk berkeliling kebun, ada juga kelinci di Rabbi Garden, serta naik kuda pada wahana Poni Ridding. 

Sedangkan wahana edukasinya sudah ada wahana beternak sapi atau Sheep Farm, Moo Moo Train, hingga Duck Feeding. 

De Ranch Megamendung Bogor

Pengen menjelajahi dunia koboi? De Ranch Megamendung bisa memenuhi keinginan tersebut. Tempat wisata satu ini menyajikan pemandangan pedesaan di Eropa dan sudah dilengkapi dengan taman bunga sederhana. 

Di sini pengunjung bisa bertingkah layaknya koboi dengan naik kuda atau latihan memanah. Pemandangan  khas Eropa bisa memenuhi imajinasi pengunjung yang bercita-cita ke luar negeri tapi belum sempat terpenuhi. 

Jika lelah menjadi koboi, bisa beristirahat sambil menyantap  kuliner lezat di sekitar lokasi. Dilengkapi udara sejuk khas Bogor, suasana makan di lokasi ini tentunya lebih berkesan. 

Lokasi De Ranch berada di Jalan Raya Puncak-Cianjur No.428, Leuwimalang,  sehingga sangat mudah di akses. Tiket  masuknya masih tergolong standar, yakni 20 ribu per kepala. 

Telaga Warna Cisarua

Bagi travelers yang penasaran dengan telaga warna Dieng, bisa menjadikan Telaga Cisarua sebagai alternatifnya. Wisata puncak Bogor ini juga menyajikan pemandangan warna danau yang berubah-ubah menjadi 3 warna, yakni cokelat, kehijauan, hingga kuning terang. 

Perubahan warna ini terjadi secara alami karena adanya ganggang yang memantulkan bias cahaya dari bawah air. 

Lokasi telaga warna yang dikelilingi oleh gunung dan area persawahan membuat view di sini semakin menakjubkan. 

Pengunjung juga bisa menikmati keunikan warna telaga dari jarak dekat dengan naik wahana perahu, sepeda air, hingga rakit. Wahana lainnya juga ada outbound, flying fox, dan jogging track. 

Baca Juga : Curug di Bogor yang Bagus, Cocok untuk Inspirasi Liburanmu

Gunung Batu Jonggol

Wisata puncak memang tidak bisa jauh dari kegiatan mendaki dan berpetualang. Salah satu tempat yang cocok banget untuk kegiatan ini adalah di Gunung Batu Jonggol. Pemandangannya sangat indah dan sejuk dengan ketinggian 875 Mdpl.

Kalangan pemuda sangat menyukai tempat ini karena treknya yang sangat menantang dan bisa didaki bersama rekan-rekan. 

Selain bisa seru-seruan bareng sambil mendaki, di sini juga ada banyak spot foto menarik untuk berfoto. Misalnya di bagian puncak berupa gardu pandang yang dipenuhi rerumputan dan dikelilingi pemandangan gunung.

Aktivitas paling seru yang bisa dilakukan adalah berkemah sambil menikmati keindahan dan kesejukan suasana di puncak. 

Puncak Halimun

Traveler yang hobi kemah wajib mampir ke Halimun Camp Bogor yang menyediakan area kemah dengan pemandangan alam eksotis. Tempat kemah ini dihiasi dengan gunung Gede dan gunung Salak yang sangat menawan terutama ketika matahari sedang terbit dan terbenam. 

Biaya masuknya juga sangat terjangkau, yakni hanya Rp25.000 saja per kepala. Tentu saja perlengkapan kemah yang dibutuhkan harus di bawa sendiri dari rumah. 

Menjelajahi destinasi wisata puncak Bogor memang tidak ada habisnya karena ada banyak sekali tempat wisata menakjubkan yang bisa digali di daerah ini. Agar pengalaman berwisata lebih mengesankan, sebisa mungkin untuk mengunjungi tempat wisata pada hari aktif, sehingga kondisinya tidak ramai seperti saat liburan. 

Penulis Saifuddin Romli Seorang Content Creator, yang juga hobi travelling dan kulineran.