8 Oleh-Oleh Khas Bogor Kekinian yang Wajib Diburu

3 min read

8 Oleh-Oleh Khas Bogor Kekinian yang Wajib Diburu-min
post

Bogor adalah kota yang dikenal sebagai paket komplit sebagai tujuan wisata. Kota ini menyajikan destinasi wisata alam, rekreasi keluarga, tempat makan enak dan oleh-oleh khas Bogor yang selalu dirindukan banyak orang. Tidak heran ya jika banyak yang selalu ingin kembali ke kota ini.

Bagi yang berencana pergi ke Bogor dalam waktu dekat dan bingung nih ingin membeli apa untuk dijadikan sebagai buah tangan, tenang saja! Ada beberapa oleh-oleh dari kota Bogor yang bisa menjadi buah tangan memuaskan untuk rekan kerja, keluarga atau teman-teman.

Oleh Oleh Khas Bogor yang Kekinian

Roti Unyil

roti-unyil-venus-Oleh-Oleh-Khas-Bogor
By instagram.com/foodbuddies.id

Mau pulang liburan dari Bogor, pastikan untuk membawa pulang oleh-oleh khas kota hujan bernama roti unyil.  Jadi, oleh-oleh satu ini merupakan roti yang menyajikan isian rasa banyak untuk dipilih atau bisa juga isinya dihias sebagai topping.

Di Bogor sendiri ada banyak sekali outlet yang menjual roti unyil, hanya saja merk Venus adalah yang paling trusted dan banyak dicari oleh para wisatawan. Bukan hanya dari segi rasa yang enak, tapi juga harganya lebih terjangkau.

1 buah roti unyil di outlet Venus biasanya dijual seharga Rp1.500 dengan minimal pembelian ada 10 pcs. Selain roti unyil, ada juga beberapa roti lainnya yang bisa dibawa pulang. Roti Unyil Venus sendiri berlokasi di V Point, tepatnya Jalan Pajajaran No 1 Bogor.

Bika Bogor Talubi

Bika merupakan semacam kue yang dibuat dari tepung terigu dengan rasa yang manis dan empuk. Nah, Bika Bogor Talubi sendiri adalah salah satu brand bika ternama di Bogor yang menjual banyak sekali pilihan roti bika.

Roti bika khas toko ini adalah diolah tanpa menggunakan apapun yang  sifatnya pengawet sehingga aman sekali untuk dikonsumsi. Namun sebagai konsekuensinya adalah masa kadaluarsa roti Bika Bogor Talubi terbilang cepat.

Kalau disimpannya di dalam kulkas, maka Bika Bogor Talubi mampu bertahan setidaknya 1 minggu. Jika tidak disimpan di kulkas, tentu saja kadaluarsanya hanya 4 hari sejak dibeli. Untuk membeli Bika Bogor Talubi sendiri wisatawan hanya perlu mengeluarkan biaya yang murah sekali, cukup Rp29.000.

Ada banyak varian rasa nih yang bisa dipilih, namun rasa madu adalah yang paling laris. Bagi yang ingin sekali membawa roti bika sebagai oleh-oleh, datang saja ke Jl. Sholeh Iskandar nomor 18 B.

Asinan

Bogor memang dikenal dengan asinannya. Bisa dibilang sih asinan ini adalah oleh-oleh khas Bogor yang paling legendaris dan banyak disukai. Asinan sendiri mampu bertahan lama dan tetap segar ketika dimakan meskipun telah disimpan selama beberapa hari.

Kalau bingung mencari outlet yang menjual asinan enak, cobalah untuk pergi ke Asinan Sedap Gedung Dalam. Lokasi outlet ini sangat strategis kok, yakni di Bogor Timur, tepatnya Jalan Siliwangi nomor 27. Satu porsi asinan ini variatif harganya, mulai dari Rp 18.000 hingga Rp 30.000.

Selain asinan, ada juga nih manisan yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Untuk harga manisan sendiri lebih mahal yakni Rp 50.000.

Strudel

Bagi si pecinta makanan dengan rasa manis gurih, maka strudel adalah pilihan buah tangan yang sangat direkomendasikan ketika datang ke Bogor. Merasa asing dengan nama strudel? Jadi, strudel ini adalah jenis kue pastry dengan isian buah-buahan.

Salah satu toko yang menjual strudel enak khas Bogor adalah Toko Jumbo Bakery. Outlet satu ini berlokasi di Jalan Pajajaran nomor 3F dan buka dari jam 8 pagi sampai 9 malam. Satu kotak strudel sendiri dijual sekitar Rp 45.000.

Ada banyak variasi rasa dari strudel, namun sih yang menjadi favorit kebanyakan orang adalah asinan dan bakso. Mungkin terdengar aneh ya? Tapi percayalah bahwa rasanya enak dan tidak seaneh yang ada dibayangkan.

Lapis Talas

lapis-bogor-sangkuriang-oleh-oleh-khas-bogor
By lapisbogor.co.id

Bisa dibilang sih kue lapis talas khas Bogor adalah oleh-oleh khas Bogor Kekinian paling populer dan sering diburu oleh wisatawan. Kue ini mempunyai warna ungu khas talas dengan tekstur yang berlapis kemudian diberi topping whipping cream dan keju.

Lapis talas menjadi kue yang sangat lembut dan begitu lezat. Adapun salah satu kue lapis talas yang enak untuk dicoba adalah Lapis Bogor Sangkuriang yang berlokasi di Bogor Timur, tepatnya Jalan Pajajaran nomor 20.

 Satu kota lapis Bogor dari Sangkuriang biasanya dijual sekitar Rp 26.000 sampai Rp 30.000 tergantung dengan variasi rasanya. Beberapa variasi rasa yang bisa dipilih adalah original, cokelat, teh dan keju.

Baca Juga : Makanan Khas Bogor yang Terkenal dan wajib dicoba

Macaroni Panggang Bogor

Siapa penggemar berat macaroni? Ada satu cara menikmati macaroni yang enak tanpa harus digoreng pada umumnya, lho! Ya, macaroni panggang adalah oleh-oleh khas Bogor dengan rasa yang gurih, asin dan lezat.

Dibuat dengan bahan dasar macaroni, maka cara penyajiannya adalah dengan dipanggang. Banyak varian rasa yang bisa dipilih oleh wisatawan. Adapun salah satu toko yang dikenal menjual macaroni panggang enak berada di Babakan, tepatnya di Jalan Salak nomor 24.

Toko ini buka dari mulai jam 7 pagi lho dan tutup pukul 10 malam! Satu macaroni panggang biasanya dibanderol Rp 35.000 dan harganya relatif tergantung dengan rasa apa yang dipilih.

Pia Apple Pie

Bagi si penyuka kue pie, jangan lewatkan untuk beli kue manis dan enak ini di outlet Pia Apple. Berlokasi di Bogor Tengah, Jl. Pangrango No 10,  ada banyak sekali kue pie yang bisa dipilih. Toko ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 22.00.

Di toko ini, wisatawan bisa memilih banyak variasi rasa dan bentuk kue pie. Jadi, ada nih kue pie yang bentuknya oval dan hati. Kalau mau yang biasa saja atau oval, harganya lebih murah, per 1 kotak adalah Rp 20.000.

Sementara untuk yang bentuknya hati, harganya Rp 43.000. Selain bentuknya yang variatif, rasa beberapa kue pie di toko ini juga tidak kalah variatifnya, nih! Mulai dari rasa keju, coklat, stroberi, crust dan liquer, semua bisa dipilih di sini.

Oh ya, selain menjual kue pie,  toko Pia Apple juga menjual dessert khas negara Belanda bernama Poffertjes, sebuah kue yang dari tampilannya mirip dengan panekuk. Satu buah Poffertjes dijual Rp 15.000.

Apparel Unchal

Mau cari oleh-oleh khas Bogor berupa barang, biar engga makanan terus? Tenang saja, ada apparel bernama Unchal yang bisa menjadi solusi. Toko ini dikenal menjual banyak sekali kaos distro dengan desain-desain yang anti mainstream, bagus sekali untuk dijadikan sebagai buah tangan.

Tidak hanya kaos saja yang dijual oleh Unchal, ada juga kok beberapa aksesoris yang bisa diburu. Nah, Unchal apparel sendiri sudah mempunyai banyak cabang, hanya saja pusatnya ini ada di Taman Kencana Bogor, tepatnya Jalan Ciremai nomor 1.

Satu pcs kaos rata-rata harganya adalah Rp 100.00an. Ada sekitar 50 desain unik yang bisa dipilih di sini.

Jika sedang bepergian di Bogor, maka jangan lewatkan untuk membeli buah tangan untuk keluarga, ya! Beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Bogor Kekinian di atas bisa kok dijadikan pertimbangan, pilih saja sesuai preferensi!