14 Rekomendasi Terbaik Pondok Pesantren di Bogor

Saifuddin Romli |

14 Rekomendasi Terbaik Pondok Pesantren di Bogor

Pesantren bisa menjadi pilihan terbaik para orangtua dalam memberikan pendidikan terbaik untuk masa depan anak. Sebab di pesantren, anak akan mendapatkan pelajaran agama dan umum secara seimbang. Namun, apakah sudah memiliki referensi pondok pesantren di Bogor yang bagus dan murah?

Bagi yang berdomisili di Kota Bogor dan sekitarnya, ada banyak opsi pondok pesantren dengan biaya murah sehingga dapat disesuaikan budget orangtua. Apalagi, umumnya fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap, dan dijamin anak tidak akan kekurangan suatu apapun selama mondok.

Rekomendasi Pesantren di Bogor yang Bagus dan Murah

Pesantren Modern Ar-Ridho

Ponpes Binaan Darussalam Gontor Ponorogo ini telah berkiprah di bidang pendidikan selama sekitar 30 tahun. Kamu bisa menjadikan Ar-Ridho sebagai pilihan belajar bagi buah hati dalam mempersiapkan diri dan mencari bekal agar selamat di dunia maupun akhirat.

Lokasi Ponpes Modern Ar-Ridho terbilang sangat strategis, yaitu di Jl. Parung Aleng, Cikeas, Sukaraja, Bogor – Jawa Barat. Fasilitas pendidikan yang ditawarkan Ar-Ridho bisa dikatakan lengkap. Selain itu, biayanya juga terjangkau, sehingga cocok dijadikan pertimbangan.

Pesantren Madinatul Quran

Sesuai namanya, Ponpes Madinatul Quran fokus menyelenggarakan pendidikan aspek Al-Quran. Para santri di ponpes ini juga diajarkan disiplin menerapkan sunnah rasul di dalam keseharian, seperti cara berpakaian dengan mengenakan celana panjang atas mata kaki.

Menariknya, Ponpes Madinatul Quran juga membekali santri dengan knowledge wirausaha dan agribisnis. Jadi, santri bukan hanya bisa berdakwah dan memberikan pendidikan agama, namun juga berbisnis sebagai upaya menopang kehidupan keseharian setelah lulus.

Baca Juga : Daftar Universitas Negeri dan Swasta di Bogor

Pesantren Darussalam

Ponpes ini telah beroperasi sejak tahun 1993 dengan menerapkan sistem dan kurikulum yang mengacu pada Pondok Pesantren Modern Gontor dan Pendidikan Nasional. Dengan kata lain, santri dibekali pendidikan agama dan formal agar  balance atau seimbang.

Pesantren Darussalam memiliki fasilitas pendidikan terjamin. Terlebih lagi, biaya pendidikan di ponpes yang terletak di Jl. Sawah Baru Utama, Bogor ini bisa dikatakan terjangkau.

Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami

Ponpes Ummul Quro Al-Islami hadir dengan sistem dan kurikulum terintegrasi sehingga tepat dijadikan pilihan belajar anak-anak. Di samping mendalami agama Islam, santri juga dibekali pengetahuan umum, dengan begitu dapat berbaur bersama semua lapisan masyarakat.

Dengan modal ilmu agama dengan pengetahuan umum, setelah lulus santri diharapkan menjadi pribadi yang bukan hanya berakhlak dan beragama, namun juga berilmu. Biaya pendaftaran di Ponpes Modern Ummul Quro berkisar di angka Rp. 8.000.000.

Pesantren Modern Daarul Uluum Lido

Salah satu pondok pesantren di Bogor yang wajib dijadikan referensi selanjutnya adalah Ponpes Modern Daarul Uluum Lido. Dari segi model pendidikan yang diterapkan, sekilas mirip dengan Ponpes Darussalam Bogor karena memiliki riwayat sama dalam bidang pendidikan.

Kurikulum Ponpes Modern Daarul Uluum Lido tidak hanya berfokus pada pendidikan agama Islam saja, namun juga formal serta aspek lain, termasuk seni keterampilan, olahraga, ekstrakurikuler, hingga keilmuan, misalnya science club.

Pesantren Darul Muttaqien

Ponpes yang terkenal sebagai salah satu pesantren terbaik dengan biaya belajar terjangkau ini menyediakan berbagai jenjang pendidikan, dengan kurikulum seimbang. Menariknya, santri memiliki pilihan untuk mondok (tinggal di asrama) atau tidak, jadi sangat opsional.

Pesantren Darul Muttaqien bisa menjadi alternatif solusi terbaik memberikan bekal agama Islam kepada anak. Apalagi, nantinya santri juga akan belajar pendidikan formal sebagaimana sekolah umum. Sehingga setelah lulus bisa beradaptasi dengan masyarakat.

Pesantren Modern At-Taqwa Gunung Putri Bogor

Ponpes ini mempunyadi dua lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kemendikbud, yakni pendidikan tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan SMA (Sekolah Menengah Atas). Pembelajarannya memadukan kurikulum Diknas dan pesantren.

Pesantren Modern At-Taqwa Gunung Putri terletak di Desa Nagrak, Gunung Putri Bogor. Semua santri akan diasramakan agar terbiasa hidup mandiri, bertanggung jawab, dan disiplin. Hal ini tentu sangat penting untuk menjadi bekal bagi kehidupan di masa depan.

Pesantren Al Andalus Islamic International Boarding School Bogor

Hadir dalam berbagai jenjang pendidikan, seperti SMPIT (putra dan putri) hingga SMAIT (putra dan putri). Ponpes berbasis tradisional dan modern ini akan memberikan dua ijazah kepada para santri setelah lulus, yaitu ijazah pesantren dan ijazah negara.

Namun, jika ingin masuk ke ponpes ini, maka diwajibkan mengikuti I’dad Lughawi terlebih dahulu. Ini adalah program Al Quran, Bahasa Arab, dan pengenalan dasar agama secara intensif selama 1 tahun. Menariknya, ada berbagai ekstrakurikuler yang dapat diikuti santri.

Pesantren Al Basyir Boarding School Bogor

Pondok pesantren di Bogor ini menerapkan basis pengembangan pendidikan Islam sebagaimana yang dilakukan Rasulullah SAW, yaitu tidak memandang suku, ras, dan golongan. Sebab landasannya adalah amanah, fathonah, sidiq, dan tabligh.

Tidak mengherankan kalau Ponpes Al Basyir Boarding School menjadi favorit banyak pihak. Apalagi, ponpes ini mengembangkan lima pilar pendidikan penting, yakni niat ibadah dalam belajar, kesungguhan mencapai prestasi, bersyukur, bermanfaat, dan selalu mengingat Allah.

Pesantren Fitrah Islamic World Academy Bogor

Ponpes ini merupakan salah satu pesantren yang mengedepankan teknologi, dan mengharuskan santri berbicara dua bahasa dalam keseharian, yaitu Indonesia dan Inggris. Jadi, bukan hanya mengutamakan pendidikan agama saja, tapi juga pendidikan umum.

Sesuai dengan namanya, Ponpes Fitrah Islamic World Academy menerapkan pendidikan internasional Islam dengan cara membina karakter Islam dengan berlandaskan pada Alquran serta Sunnah Nabi Muhammad, melalui kurikulum global Islam lebih seimbang dan ekstensif.

Pesantren Alkahfi Islamic Boarding School Bogor

Ponpes yang berdiri di Jl. Desa Srogol, Cigombong – Bogor ini termasuk dalam bagian Yayasan Pedesaan Nusantara. Saat ini, Pesantren Alkahfi telah menyediakan beberapa jenjang pendidikan, mulai TK, SMPIT, SMAIT, MA, Tahfidzul Quran, STTQ, dan sebagainya.

Pesantren ini terkenal sudah menciptakan banyak alumni yang berprestasi, baik di dalam maupun luar negeri. Hal tersebut tentu menjadi sebuah bukti, kalau Alkahfi mengutamakan kualitas. Salah satunya dengan cara melengkapi fasilitas pendidikan dan kualitas SDM.

Pesantren Modern Sahid Bogor

Ponpes bertaraf internasional ini menyelenggarakan pendidikan dari jenjang TK (Taman Kanak Kanak) hingga PT (Perguruan Tinggi). Pesantren ini juga mempunyai beberapa unit pendidikan lain yang menyediakan asrama, seperti MTS, SMK, MA, dan Jasa Boga.

Pesantren Modern Sahid Bogor memiliki sarana dan prasarana memadai, mengaplikasikan sistem manajemen modern, dan tenaga pengajar profesional. Sebab sistem pendidikan disini mengutamakan 3 hal, yaitu keluarga, sekolah, dan terakhir lingkungan.

Pondok Pesantren Al Inayah Bogor

Ponpes yang beralamat di Jl. Danau Bogor, Cimahpar, Bogor Utara ini telah berdiri sejak tahun 1993. Pesantren Al Inayah menyediakan jenjang pendidikan, mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA. Sementara itu, kurikulum yang diterapkan juga berbasis modern.

Pesantren Nurul Fikri Boarding School

Didirikan di lahan seluas 7.6 hektar, Pesantren Nurul Fikri mengutamakan situasi belajar yang nyaman untuk para santri. Ponpes ini memfasilitasi pendidikan untuk SMP dan SMA. Disini, santri akan dibekali dengan pembelajaran agama Islam dan juga formal supaya balance.

Mengingat jumlah pondok pesantren di Bogor cukup banyak, orangtua memang dituntut selektif dalam memilih yang terbaik. Sebab lembaga pendidikan juga harus disesuaikan kebutuhan dan kemampuan anak, selain itu juga budget. Apalagi, sebagian besar ponpes mewajibkan santri untuk mondok.

Penulis Saifuddin Romli Seorang Content Creator, yang juga hobi travelling dan kulineran.