Taman Safari Indonesia Bogor, Harga Tiket, Wahana dan Jadwal Pertunjukan Terbaru 2022

By Saifuddin Romli |

Taman Safari Indonesia Bogor, Harga Tiket, Wahana dan Jadwal Pertunjukan Terbaru 2022

Liburan bersama keluarga pastinya menjadi momentum yang sangat menyenangkan. Berwisata ke Taman Safari Bogor bisa menjadi salah satu pilihan yang bagus untuk kamu dan keluarga. Taman Safari Indonesia Bogor sendiri adalah tujuan wisata Bogor paling favorit, terlihat dari jumlah pengunjung saat akhir pekan yang membludak.

TSI menjadi tempat untuk liburan sambil belajar mengenal satwa. Tidak hanya itu Taman Safari juga memiliki wahana dan pertunjukan yang keren abis.

Nah, pada artikel kali ini zonabogor akan membahas semua informasi penting tentang Taman Safari Bogor. Mulai dari harga tiket masuk taman safari, fasilitas, wahana, jadwal pertunjukan dan juga alamat dari TSI Bogor. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Taman Safari Indonesia Bogor

Taman safari dibangun pada tahun 1981-1985 dan resmi dibuka untuk umum pada tahun 1986. Memiliki luas kurang lebih mencapai 230 hektar, Taman Safari Indonesia berada di kaki gunung Gede Pangrango. Saat pertama kali dibuka, satwa yang dimiliki oleh Taman Safari masih sangat sedikit kurang lebih hanya 700 ekor satwa. Seiring berjalanannya waktu satwa-satwa yang berada di TSI terus bertamabah, dan saat ini jumlahnya sudah mencapai 2000an lebih.

Tidak hanya melihat satwa di Safari Journey saja, Taman Safari Indonesia juga memiliki 20 lebih wahana permainan, 9 pertunjukan edukasi, 7 exhibit satwa, dan juga terdapat air terjun curug jaksa. Kamu ingin keseruan yang berbeda? Kamu bisa mencoba Safari Night. Di Safari Night zoners bisa melihat dan menjelajah kehidupan satwa liar pada malam hari. Safari Night juga memiliki 2 pertunjukan yang tidak kalah seru, yaitu Wild Hunter Show dan Fire Dance. 

Fasilitas di Taman Safari

Apa saja fasilitas yang ada di Taman Safari? Fasilitas yang dimiliki Taman Safari Bogor bisa dibilang sangatlah lengkap. Semua fasilitas ini bertujuan untuk membuat para pengunjung nyaman, dilihat dari luas area TSI sangatlah luas.

Jadi zoners tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa berlibur dengan nyaman. Nah, berikut ini fasilitas-fasilitas yang di miliki Taman Safari Bogor:

  • Mesjid
  • Toilet
  • Pom Bensin
  • ATM Center
  • Parkir yang luas
  • Bus Keliling Satwa
  • Kereta Wisata
  • Souvenir Store
  • Food Court

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata Alam Bogor, Cocok Untuk Liburan

Wahana Taman Safari Bogor

Safari Journey Menggunakan Mobil atau Bus Safari

Setelah membayar tiket masuk, zoners akan di arahkan untuk melihat satwa yang di lepas di area alam tebuka yang di kelola oleh taman safari. Ada banyak satwa yang bisa kita lihat, namun zoners tidak boleh keluar dari mobil dan harus mengendarai mobil secara perlahan agar tidak melukai hewan satwa sekitar. Berikut beberapa hewan satwa yang dapat dilihat dari dalam mobil :

  1. Burung Flamingo

Warna pink dari burung Flaminggo dihasilkan makanan yang dia konsumsi yaitu udang dan alga merah

  1. Gajah

Gajah di taman safari berasal dari Sumatra, kotoran gajah di taman safari dijadikan pupuk kompos dan bahan untuk kertas.

  1. Kudanil

Berat kudanil mencapai 2-3 ton, kunadil memiliki penglihatan yang buruk, kudanil hanya mengkamulkan pendengarannya saja.

  1. Bison Eropa

Bison Eropa memiliki postur tubuh lebih besar dari bison Amerika

  1. Singa

Fakta yang mengejutkan dari singa yaitu satwa yang satu ini ternyata sangat takut dengan air, ketika hujan turun dia akan bersembunyi di bawah bebatuan. Sama seperti kucing ya takut air

  1. Sapi Afrika

Tanduk sapi Afrika bisa mencapai  2 meter, di Afrika tanduk sapi ini dijadikan sebagai mahar perkawinan dan juga dijadikan sebagai symbol mata uang.

  1. Buaya

Buaya adalah hewan yang sangat suka berkamuflase, contoh dari kamuflase buaya adalah berdiam diri dan membuka mulut. Saat buaya sedang diam seperti tertidur atau seperti buaya mati ternyata buaya itu sedang aktif dan mengintai mangsanya. Namun jika buaya sedang membuka mulutnya ternyata buaya itu sedang tertidur. Membuka mulut saat tidur bertujuan untuk menglabui musuhnya, kamuflase ini bertujuan musuh akan mengira buaya sedang aktif namun ternyata sedang tertidur.

  1. Rusa

Ada 3 jenis Rusa yang berada di taman safari, yaitu Rusa air, Rusa Timores dan juga Rusa totol dari Istana Bogor. 

  1. Kudanil

Kudanil adalah hewan pemalas, dia senang menghabiskan waktunya berendam di dalam air, satu hari kudanil bisa menghabiskan waktu 8 jam untuk berendam. Bahkan kuda nil bisa tidur dan melahirkan di dalam air.

Safari Trek & Outbound

Di Safari Trek kamu bisa berjalan-jalan mengikuti jalur sekaligus mempelajari berbagai macam tanaman obat, mengunjungi Safari Poo Paper & Composting. Ditambah dengan permainan outbound yang seru saat akhir perjalanan, dijamin akan seru dan menyenangkanmenyenangkan.

Untuk menikmati ini wahana ini kamu bisa cek syarat dan harga tiket Safari Trak & Outbound disini.

Wahana Bermain

Setelah puas melihat satwa kamu bisa bermain di wahan bermain yang tidak kalah seru. Taman Safari memiliki lebih dari 20 wahana permainan yang terdiri dari Lolly Swing, Kincir Raksasa, Crazy Plane, Sepeda Air, Bom-Bom Car, Jet Boat, Spinning Boat, Rumah Hantu 3D, Sepeda Layang, Bumper Boat, Speedway, Pony Rodeo, Mandi Bola, Foam Ball, Ventura River, Angsa terbang, Cartoon Train, Gajah Terbang, Climbing Car, Lolo Train dan Flume Ride.

Waterpark

Kamu ingin berenang di daerah puncak, di TSI juga terdapat Waterpak yang cukup luas. Zoners bisa bermain air bersama keluarga dan mencoba water slides di Taman Safari.

Air Terjun Curug Jaksa

Curug Jaksa adalah air terjun yang berada di dalam area Taman Safari Bogor. Curug ini memiliki tinggi 45 meter. Air terjun yang masih asri ini berada di area atas TSI, lebih tepatnya di Hutan Perawan atau berjarak kulang lebih 200 meter dari Cowboy Show.

Air terjun ini memiliki cerita yang unik, menurut  penduduk setempat konon katanya jika kamu membasuh muka di curug tersebut maka akan awet muda dan enteng jodoh. Selain itu air terjun yang indah ini sering digunakan  untuk kegiatan syuting, foto prawedding dan tempat berswafoto.

Pertunjukan Edukasi

Terdapat 9 pertunjukan edukasi yang sangat menghibur di Taman Safari Indonesia Bogor. Zoners bisa menyaksikan pertunjukan ini untuk mengenal berbagai macam satwa lebih dekat. Nah untuk list dan jadwal pertunjukannya kamu bisa lihat dibawa ini yaa.

Baby Zoo

Ingin melihat lebih dekat dengan satwa dan berinteraksi secara langsung di Baby Zoo. Zoners bisa berinteraksi dan berfoto lebih dekat dengan orang utan, kucing besar, bayi kanguru bahkan ada singa putih. Satwa-satwa tersebut masih dalam masa pertumbuhan, jadi masih sangat lucu dan menggemaskan. 

Memberi Makan, Berfoto, dan Berinteraksi dengan Satwa

Tidak hanya melihat satwa di Safari Journey, di TSI kamu bisa berinteraksi langsung dengan satwa serta berfoto. Selain itu kamu bisa memberi makan satwa yang berada di sana. Special Experience ini tidak bisa kamu dapat di tempat lain loh. Contoh hewan yang bisa kamu beri makan dan berfoto antara lain Feeding Pinguin, Swimming with Dolphin, Animal Ride, Feeding Red Panda, Feline Feeding Adventure dan juga Elephant Safari Trail.

9 Pertunjukan Edukasi di Taman Safari Bogor

Di Safari Journey kita bisa melihat dan belajar tentang hewan-hewan, nahh selain itu TSI juga memiliki 9 pertunjukan satwa yang seru banget dan ga akan ngebosenin. Berikut ini adalah nama-nama dan jadwal pertunjukan

ELEPHANT

Pertunjukan edukasi satwa ini mengajak kamu mengenal gajah lebih dekat dan memberikan edukasi mengenai aktivitas dan kehidupan gajah di habitatnya juga mengajak para pengunjung untuk mencintai gajah serta menjaga habitatnya agar terhindar dari kepunahan sehingga tetap lestari.

Tempat: Safari Kuring

Waktu : 11.30 | 14.30 WIB (Weekday & Weekend)

SAFARI THEATER

Safari Theater ga kalah seru loh guys, disini kamu akan melihat atraksi yang menakjubkan dari Oriental Circus Indonesia. Didalamnya terdapat berbagai macam pertunjukan seperti sulap, akrobatik, lawakan, tarian api, dan atraksi lainnya yang tak kalah menghibur.

Tempat: Safari Theater

Waktu : 11.30 | 15.30 WIB (Weekday & Weekend)

VARIOUS ANIMALS

Di Various Animal Show, kamu bisa mengenal berbagai macam, satwa dengan cara yang menghibur. Dengan menyaksikan Various Animal Show, kamu hanya perlu duduk manis dan melihat beberapa jenis hewan tampil menggemaskan di atas panggung.

Tempat: Panggung Terbuka

Waktu : 11.00 15.00 WIB (Weekday & Weekend)

TIGER

Harimau adalah hewan yang sangat buas hingga disebut sebagai raja rimba. Tapi di TSI harimau dapat menampilkan aktraksi yang cukup seru. Kamu bisa menyaksikan si Raja Rimba secara langsung dijamin kamu dan keluarga akan takjub dengan aksinya.

Tempat: Panggung Raja Rimba

Waktu : 13.30 | 16.00 WIB (Weekday & Weekend)

SEA LION

Apakah kamu tahu? singa laut ternyata gak kalah pintar dengan hewan lain loh zoners. Mereka sangat terlatih dan singa laut sangat pandai dalam menari dengan diiringi lagu. Engga cuman itu aja, kamu juga bisa berinteraksi langsung sambil berfoto dengan singa laut.

Tempat : Sea Lion

Waktu : 14.00 | 16.00 WIB (Weekday & Weekend)

BIRD OF PREY

Bayangkan Kamu berada di hutan belantara, ada sepasang mata berkilau di balik rimbunnya pepohonan. Pasti Kamu akan terkejut bukan main. Itulah kebiasaan burung pemangsa di habitat aslinya. la siap menyantap target yang dilihatnya dari balik pepohonan. Namun, di TSÍ Kamu bisa memberi makan mereka, lho.

Tempat: Lapangan Burung Pemangsa

Waktu : 13.30 | 15.30 WIB (Weekday & Weekend)

GLOBE OF DEATH

Terdapat 5 sepeda motor yang berputar-putar tanpa bertabrakan dengan yang lain, didalam sebuah globe besi besar. Sangat menegangkan dan juga menghibur. Ketangkasan para pengendara ini memang tak diragukan lagi. Merekalah penantang maut dalam sebuah globe, yang siap menghibur Kamu dan keluarga.

Tempat: Globe of Death

Waktu : 13.30 | 15.30 WIB (Weekday & Weekend)

DOLPHINS

Pasti zoners semua sudah tahun bahwa lumba-lumba adalah hewan tercerdas. Di TSI kamu akan disajikan pertunjukan lumba-lumba yang keren. Dolphin & Friends akan membuat kamu terkagum-kagum dengan tingkah laku dan kecerdasan mereka pada pertunjukan edukasi satwa ini.

Tempat : Dolphin

Waktu: 11.00 | 15.00 WIB (Weekday & Weekend)

COWBOY

Nah, ini pertunjukan di Taman Safari yang paling seru dan menjadi favorit pengunjung, yaitu pertunjukan Cowboy. Dalam pertunjukan ini kamu bisa melihat bandit jahat yang merusak sebuah kota. Dan akan berhadapan dengan sheriff bersama Deputi dan sekelompok Indian bersatu untuk melawannya. Pertunjukan ini rekomended banget, wajib kamu lihat saat berlibur ke Taman Safari.

Tempat: Panggung Cowboy

Waktu : 16.00 WIB (Weekday)

14.00 | 16.00 WIB (Weekend)

Lokasi dan Jam Oprasional Taman Safari

TSI berlokasi di daerah wisata puncak bogor, lebih tepatnya berada di Jalan Kapten Harun Kabir No.724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750. Taman Safari Indonesia sendiri buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB. 

Baca Juga : Rekomendasi Destinasi Wisata Puncak Bogor yang Buka dan Terbaru

Harga Tiket Masuk Taman Safari Bogor Terbaru

SAFARI SIANG + PANDA

Perjalanan kamu akan dimulai dengan petualangan selama 45 menit menggunakan kendaraan pribadi ataupun bus safari. Setelah menikmati Safari Journey selanjutnya kamu dapat menikmati lebih dari 20 wahana, 7 hewan pameran dan 9 pertunjukan dan juga terdapat air terjun.

Berikut harga tiket masuk Safari Siang + Panda: 

Weekday 

Domestic 

> 6 Tahun Rp 230.000

< 5 Tahun Rp 200.000

International 

> 6 Tahun Rp 400.000

< 5 Tahun Rp 350.000

Weekend & Holiday

Domestic

> 6 Tahun Rp 255.000

< 5 Tahun Rp 225.000

International

> 6 Tahun Rp 400.000

< 5 Tahun Rp 350.000

SAFARI MALAM

Di Safari Malam kamu akan menikmati 2 pertunjukan seru yaitu Safari Adventuredan juga Wild Hunter Show & FireDance. Wild Hunter Show adalah pertunjukkan pemburu liar yang digelar pada malam hari ini di TSI, yang enggak kalah seru dengan show lainnya. Dan terdapat juga penari dengan lihainya memainkan api di atas panggung.

Berikut harga tiket masuk Safari Malam :

Domestic 

> 6 Tahun Rp 180.000

< 5 Tahun Rp 160.000

International 

> 6 Tahun Rp 350.000

< 5 Tahun Rp 300.000

SAFARI TREK & OUTBOUND

Harga tiket masuk Safari Trek adalah Rp.150.000/orang, berlaku weekend, weekdays & public holiday dengan minimal reservasi 25 Orang. Harga Safari Trek Group sudah termasuk Kegiatan Hiking (menyisiri Hutan Gunung Gede Pangrango), Wahana Outbond, Pemandu, SFC Lunch Box (Fried Chicken, Rice, Teh Kotak) dan Snack Box

SYARAT & KETENTUAN

  • Loket dan pemberangkatan Safari Trek dibuka setiap pukul 08.00 – 11.00 wib.
  • Harus reservasi dan deposit terlebih dahulu.
  • Peserta Safari Trek tidak diperbolehkan membawa catering dari luar, pemesanan catering bisa dilakukan di Taman Safari terlebih dahulu.

Harga Parkir Taman Safari Indonesia

Setiap kendaraan yang mengunjungi TSI akan dikenakan biasa parkir. Setiap jenis kendaraan dikenakan tarif yang berbeda-beda. Berikut ini daftar tarif parkir Taman Safari:

KendaraanTarif
BusRp 40.000,-
MobilRp 25.000,-
MotorRp 10.000,-

Semoga artikel tentang Taman Safari Indonesia Bogor ini dapat memberikan informasi yang jelas sebelum zoners pergi kesana yaa. Jika kamu ada pertanyaan kamu bisa menulisnya di kolom komentar yaa.

Saifuddin Romli

Seorang Content Creator, yang juga hobi travelling dan kulineran.