9 Tempat Camping di Bogor Recommended

Saifuddin Romli |

9 Tempat Camping di Bogor Recommended-min-min

Ingin mencoba mengisi waktu liburan dengan camping karena jenuh dengan suasana kota? Coba deh berkemah di kota Bogor. Banyak sekali tempat camping di Bogor yang  bisa dijadikan referensi karena suasananya yang bagus dan memiliki fasilitas yang menunjang pengunjung.

Camping adalah alternatif menarik untuk dicoba saat hari libur karena bisa menjadi media untuk refreshing dan healing. Apalagi Bogor adalah kota yang sangat mudah diakses dari manapun, baik Jakarta, Bekasi atau Tangerang dsb. Penasaran tempat camping mana saja yang recomended?

Rekomendasi Tempat Camping di Bogor

Gunung Pancar

Bogor memang dikenal dengan Gunung Pancarnya yang sering menjadi pelarian banyak pendaki pemula karena hanya mempunyai ketinggian 800 meter saja dari permukaan laut. Gunung Pancar mempunyai sebuah permukaan yang begitu landai sehingga tidak menyulitkan wisatawan untuk mendaki.

Ya, medan dari Gunung Pancar tidak begitu terjal sehingga wisatawan bisa mencapai puncak dengan mudah. Banyak orang yang menjadikan Gunung Pancar ini sebagai lokasi camping karena suasananya yang begitu mengasyikkan.

Bahkan di sekitar Gunung Pancar juga terdapat pemandian air panas yang bisa dikunjungi saat camping. Kehadiran kolam pemandian ini juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang memilih camping di Gunung Pancar. Gunung Pancar sendiri berada di Karang Tengah, Babakan Madang.

Djungle Private Camp

Tempat camping di Bogor selanjutnya yang tidak kalah recomended adalah Djungle Private Camp yang memang sudah terkenal dengan lokasi camping ground. Di sini sering sekali menjadi lokasi kemah dan outbound beberapa institusi.

Banyak fasilitas penunjang dengan wahana outbound seru untuk dicoba. Bumi perkemahan satu ini memang sengaja ditargetkan untuk tempat outbound bagi lembaga, institusi atau bisa juga anak-anak sekolah.

Tapi  individu perseorangan juga bisa kok berkemah di sini karena fasilitas yang sudah amat lengkap. Djungle Private Camp sendiri berlokasi di Megamendung, tepatnya di Batu Layang.

Gunung Bunder

Siapa yang tidak tahu Gunung Bunder, yap tempat ini bisa menjadi lokasi camping yang mengasyikkan untuk dicoba bersama keluarga atau teman-teman. Gunung Bunder sendiri mempunyai 750 hingga 1.050 mdpl sehingga tidak heran ya jika di sekitar kawasan begitu sejuk suasananya.

Banyak pendaki dan pecinta alam yang menjadikan Gunung Bunder sebagai lokasi kemahnya. Ada juga nih fasilitas outbound yang bisa dinikmati di Gunung Bunder. Oh ya selain dikenal dengan bumi perkemahan, ternyata di Gunung Bunder juga terdapat air terjun.

Ada banyak sekali air terjun di Gunung Bunder yang bisa dikunjungi seperti Curug Cigamea, Cihurang, Ngumpet hingga Seribu. Tempat Camping ini sendiri berlokasi di kecamatan Pamijahan, jalan Gunung Bunder II.

Eagle Hill

Berkemah memang kegiatan yang sangat menyenangkan dan bisa menjadi sarana untuk berolahraga. Nah, kalau ada yang suka kemah dan mendaki dalam satu aktivitas wisata, maka cobalah untuk pergi ke Eagle Hill.

Eagle Hill sendiri adalah salah satu tempat camping di Bogor yang sudah dikelola dengan sangat modern jadi tetap memudahkan pengunjung untuk mendaki dan berkemah. Untuk ketinggian Eagle Hill sendiri cenderung mudah dijangkau yakni 1.000 mdpl.

Selain berkemah, ada juga wahana outbound, family gathering dan beberapa kegiatan yang belajar dengan alam. Eagle Hill sendiri berlokasi di Mega Mendung, tepatnya Jl. Al Barokah.

Bumi Perkemahan Suaka Elang

Berlokasi di Ciburayut, Cigombong, Suaka Elang camping ground juga menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan untuk berkemah. Di camping ground satu ini, pengunjung harus melakukan trekking sekitar 20 menit dari tempat parkir untuk menuju lokasi camping.

Selama trekking ini, pengunjung akan melewati beberapa jembatan gantung dari tali tambang dan kayu. Tenang, semua jembatan aman untuk dilalui kok. Kemah di Suaka Elang sangat cocok sekali untuk mengisi liburan.

Wisatawan yang datang hanya perlu membawa sebuah tenda dan juga hammock jika ingin bersantai karena banyak sekali pohon pinus di Suaka Elang. Masalah akses air bersih, tidak perlu khawatir karena bumi perkemahan ini dekat dengan sungai.

Baca Juga : Daftar Universitas Negeri dan Swasta di Bogor

Kampoeng Awan

Memiliki ketinggian yang sama dengan Eagle Hill, yakni ketinggian 1.000 mdpl, Kampoeng Awan adalah lokasi yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai tempat berkemah. Kampoeng Awan sendiri mempunyai lahan dengan luas mencapai 3,5 hektar dan lokasinya ada di tengah-tengah hutan.

Ketika malam hari tiba, wisatawan akan disuguhkan sebuah pemandangan menakjubkan dari lampu-lampu kota Bogor. Pemandangan ini ini bisa disaksikan dari dalam tenda. Bumi perkemahan satu ini juga dekat dengan perkebunan jamur.

Bahkan siapapun yang berkemah di sini juga bebas lho memanen jamur yang ada. Jadi penasaran dan ingin sekali mengunjungi Kampoeng Awan? Datang saja ke Jl. Megamendung, Sirnagalih.

Perkemahan Citamiang

Mau berkemah di sebuah hutan yang menyejukkan? Coba deh datang ke tempat camping di Bogor bernama Perkemahan Citamiang! Perjalanan menuju Perkemahan Citamiang akan menjadi hal yang mengesankan karena wisatawan disajikan hamparan kebun teh yang hijau dan indah.

Sesampainya di Perkemahan Citamiang, para wisatawan juga disambut dengan hawa yang sejuk nih karena memang kawasan camping ground ini dipenuhi dengan hutan pinus yang sangat rindang. Nah, karena hawanya yang begitu sejuk, ada baiknya sih jika membawa baju tebal, jaket dan selimut.

Perkemahan Citamiang sendiri sudah terbilang amat lengkap karena terdapat mushola, sanitasi bersih dan tempat sampah serta toko yang menyewakan perlengkapan kemah, semuanya lengkap ada di dalam Perkemahan Citamiang. Bumi perkemahan ini berlokasi di Jl. Ciliwung, Tugu Utara, Cisarua.

Citra Alam Riverside

Mendengar nama bumi perkemahan satu ini mungkin tidak akan kaget rasanya jika masuk ke dalam akan bertemu dengan sebuah sungai yang indah. Ya, dinamakan dengan Citra Alam Riverside karena dekat sekali dengan sungai.

Selain itu, banyak fasilitas outbond yang sudah pengelola sediakan untuk menunjang wisatawan. Citra Alam Riverside sendiri merupakan tempat kemah yang sudah modern pengelolaannya sehingga fasilitas apapun sudah tersedia lengkap.

Dari mulai dari sewa tenda, tempat ibadah, aula sampai WiFi. Bagi yang ingin kemah di Citra Alam Riverside, datang saja di Jogjogan, Cilember, Kecamatan Cisarua.

Agrowisata Gunung Mas

Terakhir, ada Agrowisata Gunung Mas yang menyediakan tempat berkemah dengan fasilitas yang cukup lengkap. Selain berkemah, wisatawan juga bisa nih mencoba Tea Time, atau waktu minum teh yang diracik dari kebun sendiri.

Kalau bosan di tenda saja, wisatawan juga bisa berkeliling wisata dengan naik kuda atau bisa juga off road yang lebih menantang. Bahkan wisatawan juga bisa nih mencoba gantole. Ya, berkemah di Agrowisata Gunung Mas bisa menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan untuk dicoba.

Semua fasilitas pendukung sangat memanjakan para pengunjung yang mencari hiburan lain selain berkemah. Agrowisata Gunung Mas sendiri berlokasi di Puncak Rd km 87, Tugu Selatan.

Sudah tidak bingung lagi bukan mencari tempat camping di Bogor kalau bosan dengan suasana kota dan butuh hiburan? Datang saja ke Bogor dan pilih tempat camping mana yang sesuai preferensi.

Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman Anda yang sedang mencari informasi seputar tempat kemping di daerah Bogor.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Penulis Saifuddin Romli Seorang Content Creator, yang juga hobi travelling dan kulineran.