CURUG CIKULUWUNG BOGOR, Harga Tiket & Lokasi

By Saifuddin Romli |

CURUG CIKULUWUNG BOGOR, Harga Tiket & Lokasi-min

Curug Cikuluwung Bogor merupakan sebuah air terjun dengan air biru yang indah yang mampu membuat siapa pun terkagum-kagum. Keindahannya dianggap mirip dengan Grand Canyon di Indonesia, dengan tebing batu indah yang terletak di kanan dan kiri aliran sungainya. Jika kamu ingin menikmati pemandangan yang indah, Curug Cikuluwung adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Curug Cikuluwung Bogor

Curug Cikuluwung adalah air terjun yang istimewa karena memiliki air berwarna biru yang indah. Banyak orang terkagum-kagum dengan keindahan tempat ini. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa Curug Cikuluwung mirip dengan Grand Canyon di Indonesia karena adanya tebing batu yang indah di sisi kanan dan kiri aliran sungainya.

Baca Juga : 9 Curug di Bogor yang Bagus, Cocok untuk Inspirasi Liburanmu

Indahnya Air Terjun Dengan Tebing Batu

Air terjun biasanya menawarkan pesona derasnya aliran air yang mengalir dari ujung atas ke kolam di bawahnya. Salah satu yang paling menarik dari air terjun ini adalah batuan di kanan kiri sungai yang seolah menutupi area air terjun. Ini membuat air terjun terlihat lebih eksklusif dan tentunya menjadi objek yang estetik untuk berfoto. Tak heran, sebelum berenang, kamu biasanya menghabiskan waktu terlebih dahulu untuk berfoto.

Saat memasuki kawasan air terjun, zoners akan terpesona dengan keindahan alam yang luar biasa. Dari kejauhan, air terjun terlihat setinggi kurang lebih 10 meter, mengalir dengan deras dan terlihat seperti tirai. Di bawahnya, terdapat kolam yang berair jernih, bahkan cenderung berwarna biru. Kolam ini mengalir di cekungan yang membentuk sungai yang mengalir ke jauh.

Sebelah kanan dan kiri dari Curug Cikuluwung, dihiasi dengan bebatuan dengan permukaan halus berwarna coklat muda yang indah. Warna coklat muda dari batuan sangat kontras dengan biru dan jernihnya air yang mengalir. Seolah-olah, kawasan air terjun termasuk kolam dan sungai ini begitu pribadi, karena dilingkupi oleh tebing. Adanya semak yang menyembul dari balik batuan membuatnya terlihat semakin estetik, meskipun tidak terlalu lebat.

Berenang Di Kolam Yang Biru

Agenda utama ketika zoners berkunjung ke tempat wisata ini tentu saja adalah berenang di kolam yang jernih dan biru. Kolam di sini juga tidak terlalu dalam, sehingga cukup aman untuk berenang. Sarannya, datang ke tempat wisata ini saat musim kemarau, karena debit air tidak terlalu tinggi.

Selain berenang, kamu juga dapat mendekat ke air terjun dan berenang di sana. Walau aliran air terjun cukup deras, ada ruang di belakang air terjun yang dapat dimasuki. Ruang tersebut berupa tebing batu yang memiliki ruang di dalamnya, yang bisa diduduki dan menjadi tempat yang estetik untuk berfoto.

Selain itu, zoners juga dapat mencoba mengarungi sungai dengan pelampung. Tersedia sewa pelampung bagi zoners yang ingin mengarungi sungai tanpa khawatir tenggelam. Sensasi mengarungi sungai dengan pelampung akan terasa semakin seru, tidak sekeras arung jeram, namun mengalir dengan santai. Zoners bisa menikmati mengarungi sungai dengan pemandangan berupa tebing batu yang indah.

Spot Foto yang Estetik

Secara keseluruhan, objek wisata ini memiliki beberapa spot foto yang menarik. Di bagian air terjun, misalnya, zoners dapat mengambil foto dengan latar belakang air terjun yang indah. Atau, zoners dapat berfoto di dalam air terjun sehingga air terjun terlihat seperti tirai air yang unik. Jika diambil dari sudut yang tepat, foto tersebut akan menampilkan keseluruhan area batuan yang ada di sekitar air terjun.

Di pinggir kolam, terdapat sekelompok batuan besar. Ada satu batu yang memiliki cekungan di bawahnya, yang membuat batu tersebut mirip seperti goa. Selain itu, perairan yang biru di sekitar air terjun juga dapat menjadi spot foto yang instagenik. Jika diambil dari atas, pemandangan di bawah akan terlihat menakjubkan. Oleh karena itu, sebaiknya jangan datang ke tempat wisata ini sendiri, agar ada yang dapat mengambil foto dari sudut yang pas.

Bersantai Di Kawasan Wisata

Di sekitar Curug Cikuluwung, terdapat warung makan yang terletak di pintu masuk curug yang berbentuk sebuah bale. Tempatnya sangat nyaman, terutama karena udara di sekitarnya masih sangat sejuk. Di sini, zoners dapat menikmati berbagai jenis makanan dan minuman hangat sambil menikmati udara sejuk di sekitar warung makan. Tentu saja, menikmati makanan nikmat sambil merasakan suasana sejuk akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan.

Baca Juga : Curug Leuwi Hejo Sentul Bogor, Harga Tiket hingga Keindahannya

Harga Tiket Masuk Curug Cikuluwung Bogor

Pengunjung dapat menikmati keindahan alam di Curug Cikuluwung dengan harga yang sangat terjangkau. Tiket masuk flat yang sama baik untuk hari biasa maupun hari libur. Tarif parkir juga sangat terjangkau. Di sini, kamu juga dapat menyewa pelampung untuk bermain air di kolam dan sungai. Harga tiket sudah termasuk sewa pelampung dan arena foto.

Harga Tiket Masuk Curug CikuluwungRp35.000

Jam Oprasional

Jam operasional Curug Cikuluwung tergantung dari musim dan cuaca pada saat itu. Biasanya, Curug Cikuluwung dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. Namun, jika cuaca buruk atau air terjun sedang dilanda banjir, maka jam operasionalnya bisa saja berubah. Selain itu, pastikan juga untuk datang pada jam-jam yang tidak terlalu ramai. Agar kamu menikmati keindahan Curug Cikuluwung dengan lebih tenang.

Jam Operasional
Setiap Hari08:00 – 15:00 WIB

Lokasi Curug Cikuluwung Pamijahan Bogor

Curug ini berada di daerah Pamijahan, Kabupaten Bogor, lebih tepatnya di Cibitung Wetan, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810.

Semoga Artikel Curug Cikuluwung Bogor, Harga Tiket & Lokasi ini dapat bermanfaat.

Saifuddin Romli

Seorang Content Creator, yang juga hobi travelling dan kulineran.