Taman Bunga Nusantara Puncak, Harga Tiket, Wahana & Lokasi

By Saifuddin Romli |

Taman Bunga Nusantara Puncak, Harga Tiket, Wahana & Lokasi

Taman Bunga Nusantara adalah tempat wisata populer bagi pemuja bunga. Sumber daya utamanya adalah lahan bunga berwarna-warni. Untuk meningkatkan daya tarik, taman bunga biasanya dilengkapi dengan bangunan dan tata letak yang unik, seperti yang ada di Taman Bunga Nusantara.

Lokasi wisata ini di Bogor menjadi alternatif wisata bagi para pekerja yang berdatangan ke Jakarta. Terletak strategis dan menawarkan pemandangan yang memukau, taman ini menjadi solusi yang tepat bagi mereka.

Taman Bunga Nusantara Puncak 

Taman Bunga Nusantara merupakan taman display bunga pertama di Indonesia yang menampilkan berbagai koleksi tanaman berbunga terkenal dan unik dari seluruh dunia. Dengan ratusan varietas tanaman berbunga yang tumbuh di sana, Taman Bunga Nusantara menjadi tempat di mana bunga-bunga dari seluruh dunia dapat ditemukan.

Baca Juga : The Prince By Sambal Majikan Puncak | Daftar Menu & Lokasi

Tempat wisata ini memiliki area yang sangat luas untuk pertumbuhan bunga-bunga dari Amerika Selatan, Australia, Afrika, dan Asia. Taman bunga Nusantara juga memiliki lahan display bedding plant seluas 50.000 m2.” Ibu Suhardani Bustanil Arifin, sebagai pemrakarsa dan Ketua Umum Yayasan Bunga Nusantara bersama anggota lainnya mulai pembangunan taman ini pada tahun 1992. Dan pelaksanaan pembangunan tahap awal taman dimulai sejak tahun 1993. Tujuan utama pembangunan taman ini bagi Yayasan Bunga Nusantara adalah untuk menciptakan Taman Bunga Nusantara sebagai salah satu aset wisata berbasis agro nasional dengan skala internasional.
Bagaimana keindahan bunga-bunga yang ada di Taman Bunga Nusantara ini yuk simak video dari ZonaBogor Berikut ini. 

TAMAN BUNGA NUSANTARA PUNCAK | Wisata Keluarga Terbaik di Cianjur

Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara

Untuk bisa masuk ke area Taman Bunga Nusantara, pengunjung harus membeli tiket seharga Rp40.000 per orang. Tiket tersebut bisa digunakan untuk mengelilingi taman dengan bebas. Sementara biaya parkir untuk sepeda motor adalah Rp10.000 dan mobil Rp15.000.

Apabila datang dengan rombongan menggunakan bus, biaya parkir adalah Rp25.000 untuk bus besar dan Rp20.000 untuk bus mini.

Catatan: Semua biaya parkir dan tiket masuk belum termasuk penggunaan wahana yang ada. Harga masuk setiap wahana berbeda dan berkisar antara Rp1.000 sampai Rp50.000.

Dengan lokasi strategis dan dekat dengan Jakarta, harga tiket dan biaya parkir di Taman Bunga Nusantara tergolong sangat terjangkau. Terlebih lagi, area taman sangat luas sehingga pengunjung bisa berkeliling sepuasnya.

Fasilitas di Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kenyamanan dan kepuasan pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain:

  • Area parkir yang luas dan teratur, baik untuk kendaraan pribadi maupun bus wisata
  • Toilet umum yang bersih dan terawat di beberapa titik
  • Gazebo untuk beristirahat ketika lelah berkeliling
  • Warung makan sederhana untuk memenuhi kebutuhan pengunjung
  • Tiket masuk dan parkir dengan harga terjangkau
  • Area berkeliling untuk menikmati pemandangan bunga yang indah
  • Wahana rekreasi untuk anak-anak seperti kuda pacu, perahu, dan lain-lain
  • Pemandangan taman bunga yang menakjubkan dan instagramable
  • Dll.

Dengan fasilitas tersebut, pengunjung akan merasa nyaman dan betah berlama-lama di Taman Bunga Nusantara.

Wahana di Taman Bunga Nusantara

Taman Bali

Taman Bali adalah ekspresi kreatif dari bangsa Indonesia yang sudah diterima oleh masyarakat global. Keunikan bangunan dan karya seni Bali membuat Taman Bali menjadi taman yang memiliki ciri khas dan mudah dikenali oleh masyarakat internasional.

Di Taman Bali, kami menampilkan kekayaan arsitektur, patung, dan tanaman asli Bali, seperti Candi Bentar, Gapura Pintu Masuk, Bale Bengong, dan Bale Kul Kul. Tanaman yang paling banyak ditemukan di lokasi ini adalah bunga kamboja, bunga sepatu, berbagai helikonia, dan tanaman tropis lain dengan daun indah.

Taman Mediterania

Taman Mediterania ini dibuat untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang daerah gurun seperti yang ada di kawasan Mediterania. Negara-negara seperti Italia, Spanyol, Yunani, dan Portugis biasanya menggunakan tanaman tahan kering seperti kaktus dan yucca saat mendesain taman mereka.

Untuk melindungi tanaman kaktus, kami menggunakan rumah khas Mediterania dengan atap kaca. Ini memungkinkan beberapa jenis kaktus seperti Notocactus magnificus, Cephalocereus senilis, Opuntia rufida, dan Cereus hexagonus untuk tumbuh seperti di daerah asal mereka. Konsep lain yang kami tonjolkan adalah elemen pantai Mediterania seperti pasir putih yang luas.

Taman Bunga Mawar

Bunga mawar yang mempesona berasal dari China, sebuah negara di belahan bumi utara. Pada abad pertengahan, mawar dikenal dengan nama Flos Florum, yang berarti “bunga dari semua bunga”. Maria ibunda Isa juga memilih mawar sebagai simbol kesempurnaan duniawi dan surgawi, dan sampai saat ini, mawar masih dianggap sebagai bunga terkenal di seluruh dunia.

Di China, mawar dapat beradaptasi dengan berbagai iklim termasuk musim dingin. Pada musim salju, mawar akan meluruhkan daun-daunnya dan beristirahat sebelum berkembang kembali pada musim panas. Pada masa istirahat ini, tanaman memiliki kekuatan untuk memberikan bunga yang lebih indah.

Di Taman Bunga Nusantara, kami memberikan perawatan khusus untuk mawar, dengan melakukan penyiraman, pemberian pupuk, dan penyiangan dengan cermat dan terencana. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan kekuatan dan keindahan bunga mawar, karena di daerah tropis, mawar tidak memiliki masa dormant atau istirahat.

Baca Juga : Mandalawangi Cibodas Camping Ground, Tempat Kemah Dekat Gunung Pangrango

Taman Labirin

Wahana labirin atau maze bisa ditemukan di hampir semua taman. Ini bisa menjadi pilihan menyenangkan bagi keluarga dan anak-anak untuk bermain dan belajar memecahkan masalah sambil mencari jalan keluar. Karena taman memiliki luas yang besar, pengunjung disarankan untuk membeli peta untuk membantu menjaga agar mereka tidak tersesat saat berkeliling.

Taman Jepang

Taman Jepang menjadi salah satu pilihan favorit bagi pengunjung yang ingin merasakan suasana Jepang. Desain area ini mirip dengan taman Jepang asli, dengan banyak tanaman bonsai yang menjadi ciri khasnya, termasuk jembatan kayu khas Jepang.

Taman Perancis

Taman Perancis menggunakan konsep taman-taman yang ada di Perancis, sesuai dengan namanya. Bunga-bunga warna-warni di area ini ditanam dalam petak-petak tanaman yang dibatasi oleh pagar. Konon katanya nihh zoners, desain yang digunakan pada taman ini sering diterapkan di istana-istana Perancis pada masa lampau.

Taman Palem 

Di sini terdapat lebih dari seratus varietas palem yang dikoleksi dari berbagai belahan dunia. Beberapa di antaranya memiliki keunikan yang menarik seperti Washingtonia robusta, atau Palem Kipas Meksiko yang berasal dari Meksiko, dan Screw Pine atau Pandanus utilis dari Madagascar yang mudah dikenali melalui bentuk melingkar-lingkar pada batang dan daunnya. Di Afrika, daun tanaman ini dimanfaatkan untuk membuat topi dan keranjang. Selain itu, Palem Alexandra atau Archontophoenix alexandrae dari Queensland, Australia juga menjadi palem cantik yang tak kalah menarik.

Alamat Taman Bunga Nusantara Bogor

Taman Bunga Nusantara berada di Jalan Mariwati, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Lokasi ini mudah ditemukan dan dapat diakses menggunakan berbagai jenis kendaraan, baik pribadi maupun angkutan umum. Bagi yang berangkat dari Jakarta, jalur puncak merupakan pilihan yang lebih mudah, dengan banyak papan petunjuk yang mengarahkan ke lokasi wisata Taman Bunga Nusantara.

Jalan Mariwati KM 7 Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi – Cianjur, Jawa Barat 

Setiap Hari, 09.00 – 17.00 WIB

Semoga artikel tentang Taman Bunga Nusantara Puncak, Harga Tiket, Wahana & Lokasi ini dapat bermanfaat yaa.

Saifuddin Romli

Seorang Content Creator, yang juga hobi travelling dan kulineran.