9 Wisata Edukasi di Bogor, Cocok Untuk Tempat Study Tour

By Saifuddin Romli |

Wisata Edukasi di Bogor, Cocok Untuk Tempat Study Tour

Selain banyak tempat wisata alam, Bogor juga memiliki banyak tempat wisata edukasi. Tempat Wisata Edukasi di Bogor, sangat cocok untuk sebagai Tempat Study Tour. Bogor memiliki banyak tempat wisata edukasi yang bagus untuk dikunjungi bagi anak-anak, karena anak-nak bisa belajar sambil bersenang-senang .

Jika zoners ingin mengajak anak belajar tentang hewan atau tumbuhan sambil bersenang-senang, kamu bisa cek list tempat wisata berikut ini. Destinasi wisata berikutini cangat cocok kamu kunjungi dengan keluarga dan teman-teman kamu.

Rekomendasi Tempat Study Tour, Wisata Edukasi di Bogor

Taman Safari Indonesia

Terletak di Bogor, Taman Safari Indonesia adalah taman yang populer bagi para pecinta binatang. Tempat wisata ini memberikan kesempatan untuk pengunjung, melihat lebih dekat satwa seperti harimau, monyet dan gajah serta banyak makhluk eksotis lainnya. Pengunjung juga dapat menunggangi gajah, bermain wahana, dan menyaksikan pertunjukan keren yang telah di sediakan.

Taman Safari Bogor buka mulai pukul 9 pagi sampai jam 5 sore setiap hari. Biaya masuknya adalah sekitar Rp 230.000/orang untuk macanegara sekitar Rp 400.0000. 

Sentulfresh

Sentulfresh adalah Wisata edukasi yang bertemakan peternakan dan perikanan, yang berada dikawasan Sentul Bogor. Berdiri diatas lahan seluas 4,5 hektar ini, dibangun dengan tujuan mengenalkan dunia peternakan dan perikanan pada anak-anak sejak kecil. Selain mengenal dan belajar tentang perternakan, anak-anak juga akan mempelajari manfaat dari hasil ternak seperti sapi dan ikan.

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari Bogor selalu menjadi tempat study tour untuk anak-anak dengan bertemakan perkebunan. Tempat wisata ini memiliki banyak koleksi tanaman baik tanaman buah, sayuran, bunga, tanaman hias, serta tanaman tropis lainnya. Taman Buah Mekarsari adalah pusat pelastarian buah-buahan yang terlengkap dan terbesar di dunia.

Didirikan di atas area sekitar 264 Hektar, tempat wisata Mekarsari kini sudah dilengkapi dengan beragam wahana dan aktivitas edukasi seperti berkuda, babyzoo, memandikan sapi, hingga rekreasi danau.

Museum Zoologi

Museum Zoologi didirikan pada tahun 1894 pada zaman pemerintah kolonial Belanda dan saat ini. Dan informasi penting untuk kamu bahwa Museum Zoologi yang dibuka untuk umum hanya di Kebun Raya saja. Untuk museum yang satu lagi berada di Pusat Ilmu Pengetahuan Cibinong, berfungsi sebagai tempat koleksi dan hanya dibuka untuk umum setahun zoners.

Tempat ini menyimpan koleksi hewan dan tumbuhan dari Indonesia. Museum ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore setiap hari. Biaya masuknya adalah Rp 15.000 untuk lokal dan Rp 25.000 wisatawan asing.

Kampoeng Wisata Cinangneng

Kampoeng Wisata Cinangneng bisa menjadi pilihan tempat wisata edukasi untuk anak-anak di daerah Bogor. Tempat wisata edukasi ini yang mengusung tema kampung pedesaan yang unik. Disini kamu akan di suguhkan dengan beragam aktivitas menarik terutama bagi anak-anak.

Mempelajari kehidupan dan suasana di pedesaan menjadi salah satu kegiatan yang di unggulkan di tempat wisata ini. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan disini seperti Bermain alat musik dan lagu tradisional, Menari Tradisional, Membuat kue dan jamu, Menanam padi, memandikan kerbau dan lain sebagainya.

Kebun Raya Bogor

Berada di pusat Kota Bogor, Kebun Raya Bogor adalah ikon wisata di Bogor yang selalu ramai pengunjung. Pada awalnya, Kebun Raya hanya digunakan sebagai kebun uji coba dari berbagai macam jenis tanaman yang akan diperkenalkan di Hindia Belanda. Namun saat ini, Kebun Raya Bogor menjadi tempat bagi para ilmuwan di bidang botani, dan menjadi tempat wisata favorit di Bogor

Terdapat berbagai macam koleksi tanaman yang bisa zoner temukan di sini, seperti berbagai macam jenis kaktus, tanaman air,  tanaman anggrek, bunga kuku macan, dan juga bunga bangkai yang merupakan tanaman langka di Indonesia.

Kampung Horta

Kampung Horta adalah Tempat Wisata Edukasi lainnya di Bogor dan cocok untuk Tempat Study Tour untuk anak-anak. Kenapa disebut kampung horta? karena kebanyakan warganya terutama ibu-ibu dan remajanya mempunyai pekerjaan sampingan sebagai pengrajin boneka horta.

Di tempat wisata ini zoners bisa melakukan beberapa aktivitas yang seru seperti pelatihan membuatan boneka Horta, belajar teknik dasar menyablon, belajar membuat telur asin, belajar membuatan terarium, belajar daur ulang kertas, belajar membuat cincau dan mengenal tanaman-tanaman obat.

Tidak hanya aktivitas indoor saja disini kamu bisa melakukan aktivitas outdoor juga seperti belajar ekosistem sawah, cara menanam padi disawah dan bermain games seru di sawah seperti lomba menangkap bebek, lomba menangkap ikan dan lomba memindahkan belut.

Kampung Budaya Sindang Barang

Di Bogor juga terdapat tempat wisata budaya yang mengedukasi yaitu Kampung Budaya Sindang Barang. Tempat wisata edukasi ini merupakan kawasan permukiman adat yang dipercaya sebagai kampung tertua di wilayah Bogor.

Menurut sejarah, Kampung budaya sindang barang merupakan Kerajaan Bawahan yang bernama Sindangbarang yang memiliki Ibu kota bernama Kutabarang. Sindang Barang juga diketahui sebagai sebuah keraton, yang menjadi tempat tinggal salah satu istri dari prabu Siliwangi. Nama istri tersebut adalah Dewi Kentring Manik Mayang Sunda. 

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Main di Bogor yang Hits dan Kekinian

Kampoeng Bamboe

Sama seperti Kampoeng Wisata Cinangneng, kampoeng Bambou juga mengusung nuansa pedesaan. Tempat wisata ini  menawarkan suasana tenang dan sejuknya udara seperti di pedesaan. Tempat wisata ini menawarkan tema dan suasana pedesaan yang sangat kental. Di kampoeng Bamboe para pengunjung dapat melakukan banyak aktivitas antara lainnya seperti belajar bertani dan membajak sawah, berkebun, berternak, memancing, membuat api unggun, ATV Track, outbond dan masih banyak yang lainnya. Tidak hanya itu, di tempat ini juga terdapat lapangan futsal alam dan lapangan bola yang berlumpur, disini kamu bermain dan berseru-seruan bersama teman dan keluarga..

Bogor memiliki banyak Study Tour, terutama yang bersifat edukasi.

Bogor memang memiliki segudang tempat wisata, terutama tempat wisata edukasi. Taman Safari Indonesia adalah tempat yang bagus untuk melihat binatang di habitat alami mereka. Zoners juga dapat mengunjungi Taman Buah Mekarsari, yang merupakan sebuah tempat pelestarian tumbuhan tropis terbesar di dunia.

Jika zoners lebih tertarik dengan sejarah, kamu bisa pergi ke Museum Zoologi untuk melihat beberapa kerangka dan binatang yang diawetkan dari berbagai negara di seluruh dunia.Dan jika zoner mencari sesuatu yang lebih interaktif dengan alam. Kamu bisa pergi ke Kampoeng Wisata Cinangneng.

Semoga artikel tentang Wisata Edukasi di Bogor, Cocok Untuk Tempat Study Tour ini bermanfaat dan dapat memberikan informasi yang berguna untuk zoners.

Saifuddin Romli

Seorang Content Creator, yang juga hobi travelling dan kulineran.